Serang (ANTARA) -
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengadakan sebanyak 100 operasi bibir sumbing bagi masyarakat sebagai bentuk rasa syukur 50 tahun mengabdi pada negeri.
 
"Kegiatan sosial ini berkolaborasi dengan Yayasan Smile Train Indonesia dalam menyediakan bantuan operasi bibir sumbing gratis untuk anak-anak," kata Country Manager Smile Train Indonesia Deasy Larasati saat acara penyerahan donasi operasi sumbing gratis di Serang, Banten dalam rilis yang diterima ANTARA di Serang, Kamis.
 
Smile Train Indonesia adalah bagian dari Organisasi Nirlaba Internasioanal yang berfokus pada penanganan serta perawatan sumbing atau celah langit-langit mulut.
 
ASDP mengadakan kegiatan bakti sosial sejak dari 2019, dan setiap tahun berkontribusi untuk 50 pasien untuk operasi bibir sumbing, namun spesial di tahun 2023 yang memasuki usia ASDP yang ke-50 tahun memberikan bantuan untuk 100 operasi.
 
Pelaksanaan operasi bibir sumbing dilakukan di beberapa Provinsi di Indonesia, diantaranya Provinsi Jawa Barat, Maluku Utara , Sulawesi Selatan, Jawa Timur dan Batam.
 
Deasy menyebut, sebanyak 300 anak yang sudah dilakukan operasi pada bulan lalu, hadir pada acara ini, sebagian pasien sedang menantikan daftar tunggu operasi.
 
"Di Wilayah Banten 10 anak yang hadir akan dilaksanakan operasi pada bulan ini setelah lebaran di Rumah Sakit terdekat di Banten," katanya menjelaskan.
 
Lanjut Deasy, adapun persyaratan untuk pendaftaran operasi bibir sumbing diantaranya administrasi gratis, mengikuti pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan laboratorium, HB cukup dan usianya minimal 3 bulan atau untuk langit langit usia 1 tahun dalam kondisi sehat tidak sedang sakit ringan maupun berat.
 
Apabila lulus persyaratan maka akan ditindak lanjuti dan dilakukan operasi.
 
"Kita mendapatkan anak dari melakukan sosialisasi, para relawan yang menyampaikan informasi dan mendaftar melalui sosial media Smile Train seperti Facebook dan Instagram Smile Train Indonesia yang mengirimkan pesan bagaimana cara mendapatkan operasi serta informasi para karyawan ASDP, serta dari media yang selalu menyampaikan informasi yang salah satunya program bantuan operasi bibir sumbing gratis," terangnya.
 
Menurut Deasy, di wilayah Banten cukup tinggi untuk pasien yang menderita bibir sumbing, sehingga masih banyak kesempatan untuk mengatasi masalah tersebut dan ke depannya akan terus diadakan operasi bibir sumbing gratis.
 
Sementara itu, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin menambahkan acara ini dalam rangka silaturahmi Smile Train  dengan pasien bibir sumbing dengan bantuan manfaat dari ASDP.
 
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023