Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi pada Kamis (13/4), mulai dari Presiden Joko Widodo memerintahkan Perum Bulog untuk mengendalikan harga beras hingga DPR menyetujui RUU Landas Kontinen menjadi undang-undang.

Berikut rangkumannya:

1. Jokowi minta Bulog kendalikan harga beras di Pasar Pal Tugu Depok

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Perum Bulog untuk melakukan operasi pasar guna mengendalikan harga beras di Pasar Pal Tugu, Depok, Jawa Barat.

“Yang belum turun memang beras, tadi saya sudah perintahkan Bulog untuk drop ke pasar ini agar ada seperti operasi pasar,” kata Jokowi di Pasar Pal Tugu, Depok, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

2. Paripurna DPR setujui RUU Landas Kontinen jadi UU

Rapat Paripurna DPR RI ke-21 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023 di Jakarta, Kamis, menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Landas Kontinen menjadi undang-undang.

"Apakah Rancangan Undang-Undang tentang Landas Kontinen dapat disetujui untuk disahkan menjadi undang-undang?" tanya Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dalam Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

3. Panglima TNI berencana kerahkan KRI untuk jaga KTT ASEAN

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono berencana mengerahkan kapal perang Republik Indonesia (KRI) di sekitar Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, untuk mengamankan rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-42 pada 9–11 Mei 2023.

Walaupun demikian, Panglima TNI belum dapat menyampaikan rencana pengamanan secara mendetail karena dia masih harus rapat dan meninjau lokasi secara langsung.

Selengkapnya baca di sini.

4. Jokowi: Masa RUU Perampasan Aset tidak rampung-rampung?

Presiden Joko Widodo heran mengapa draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset tak kunjung selesai, padahal dia menegaskan segera mengeluarkan surat presiden (surpres) terkait pembahasan itu.

"Saya sudah sampaikan juga pada DPR, kementerian terkait segera selesaikan. Kalau sudah rampung, ya bagian saya untuk terbitkan surpres secepatnya, sudah kami dorong sudah lama kok, masa nggak rampung-rampung?" kata Jokowi di Depok, Jawa Barat, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

5. Rapat Paripurna DPR setujui hibah alpalhankam dari Australia

Rapat Paripurna DPR RI ke-21 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023 di Jakarta, Kamis, menyetujui laporan Komisi I DPR terkait hasil pembahasan persetujuan penerimaan hibah alat peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam) dari Pemerintah Australia.

Alpalhankam dari Pemerintah Australia tersebut berupa 15 unit Armoured Personal Vehicle (APC) kendaraan taktis (rantis) Bushmaster Protected Mobility Vehicle (BPMV) untuk Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP TNI).

Selengkapnya baca di sini.

Baca juga: TNI kerahkan 18.000 prajurit bantu pengamanan mudik lebaran
Baca juga: DPR paparkan kinerja Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023