Washington (ANTARA) - Seorang anggota Garda Nasional Udara AS ditahan pada Kamis karena diduga membocorkan dokumen rahasia Pentagon (Departemen Pertahanan).

Petugas keamanan menahan Jack Teixeira (21) di Negara Bagian Massachusetts tempat ia menjalani tugas kemiliteran.

Dia akan dikenai tuntutan "penghapusan, penyimpanan, dan transmisi secara tidak sah atas informasi rahasia pertahanan nasional", kata Jaksa Agung Merrick Garlan.

Teixeira akan disidangkan di Pengadilan Distrik Massachusetts, kata pejabat tinggi penegakan hukum dalam pengarahan singkat.

Biro Investigasi Federal (FBI) mengatakan terus melakukan penyelidikan di kediaman tersangka di Dighton Utara.

FBI mengatakan penahanan tersangka menunjukkan komitmen para penyelidik untuk mengidentifikasi, mengejar dan meminta pertanggungjawaban mereka yang "mengkhianati kepercayaan negara" dan "membahayakan keamanan nasional".

CNN menyiarkan rekaman dari udara yang menunjukkan para penegak hukum bersenjata lengkap menahan Teixeira.

Harian New York Times (NYT) pertama kali mengidentifikasi Teixeira sebagai ketua kelompok obrolan Discord, tempat dokumen-dokumen rahasia itu awalnya dibagikan.

Penahanan itu dilakukan beberapa jam setelah Presiden AS Joe Biden mengatakan penyelidikan federal "semakin dekat" untuk mengidentifikasi sumber kebocoran dokumen Pentagon.

Dalam wawancara dengan empat anggota kelompok obrolan Thug Shaker Central, NYT mengatakan bahwa ketua Discord itu digambarkan sebagai seseorang yang lebih tua dari kebanyakan anggota kelompok dan memiliki akses ke dokumen intelijen AS lewat pekerjaannya.

Para anggota grup itu tidak mengidentifikasi nama orang itu, tetapi NYT mengatakan analisa kegiatan dan informasi daring, termasuk profil pemain gim, mengarahkan mereka untuk memastikan bahwa orang tersebut adalah Teixeira.

Banyak dari dokumen rahasia AS yang beredar di internet itu foto-foto yang diambil secara kasar dari dokumen dengan tingkat kerahasiaan berbeda-beda dan terlihat seperti dilipat.

NYT mengatakan foto-foto tersebut memiliki detail latar belakang yang sesuai dengan foto-foto rumah masa kecil Teixeira, yang diunggah di media sosial.

Ibu Teixeira, Dawn, membenarkan bahwa putranya bertugas di Garda Nasional Udara. Dia mengatakan bahwa anaknya baru-baru ini mengganti nomor telepon saat diwawancarai di luar rumah mereka.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Pelaku kebocoran dokumen AS diklaim bekerja di pangkalan militer
Baca juga: Pembocor dokumen rahasia adalah peminat senjata api, sebut media AS
Baca juga: Menhan: AS akan usut tuntas kebocoran dokumen rahasia

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023