Jakarta (ANTARA) - Adipati dari Sussex, Pangeran Harry, dipastikan akan menghadiri prosesi penabalan ayahnya yaitu Raja Charles pada 6 Mei mendatang tanpa didampingi sang istri Meghan yang tetap tinggal di California untuk merayakan usia ke-4 tahun anak sulung mereka, Archie.

Kabar tersebut diungkapkan juru bicara istana Buckingham yang memaparkan bahwa Pangeran Harry akan hadir di Westminster Abbey, seperti dilansir Reuters pada Kamis (13/4).

"Secara penuh penghormatan, Buckingham Palace mengkonfirmasi bahwa The Duke of Sussex akan menghadiri prosesi penabalan di Westminster Abbey. Sedangkan The Duchess of Sussex akan tetap berada di California bersama Pangeran Archie dan Putri Lilibet," kata juru bicara istana kerajaan.

Baca juga: Inggris beri turis kesempatan telusuri jejak penobatan Raja Charles

Hal ini seolah mengakhiri spekulasi yang selama ini beredar perihal kemungkinan ketidakhadiran sang putra termuda kerajaan yang sempat melontarkan kritik pedas mengenai keluarganya lewat sebuah buku dan serial dokumenter.

Proses pemahkotaan Raja Charles yang merupakan tradisi selama satu abad akan dihadiri oleh sejumlah kepala negara dan perwakilan pejabat tinggi. Meski begitu, kehadiran sang putra bungsu kerajaan sempat menjadi pertanyaan usai Harry membeberkan sejumlah kritik terkait orang-orang di dalam kerajaan Inggris.

Harry dan Meghan mengundurkan diri dari kewajiban tugas kerajaan sejak tahun 2020 dan kemudian pindah ke California dengan pertimbangan untuk membentuk kehidupan baru yang mandiri serta bebas dari pengawasan pers Inggris.

Ketegangan segera muncul usai kepergian Harry dan Meghan dari Inggris. Dalam beberapa bulan, sang pangeran telah menerbitkan memoar berisi pengungkapan hal-hal pribadi tentang keluarga kerajaan Inggris. Keduanya juga muncul dalam serial dokumenter milik Netflix.

Baca juga: Spotify rilis playlist penabalan Raja Charles III tanpa Stones

Satu di antara banyak tuduhan yang Harry ungkapkan adalah mengenai beberapa bangsawan, termasuk ibu tiri Camilla dan saudara kandungnya William sang pewaris takhta, yang dia anggap telah membocorkan cerita ke media massa untuk melindungi atau meningkatkan reputasi mereka sendiri.

Harry dan Meghan memang telah menjalin kesepakatan dengan pihak kerajaan bahwa mereka tidak akan turut ambil bagian dalam setiap acara atau tur kerajaan resmi. Sejak pengunduran diri dari bagian kerajaan, keduanya hanya sempat terlihat dalam beberapa kesempatan di Inggris, salah satunya saat pemakaman Ratu Elizabeth yang mangkat setelah memegang tampuk dinasti selama 70 tahun.

Beberapa laporan media menyatakan bahwa Pangeran Harry menginginkan permintaan maaf dari keluarganya sebelum dia setuju untuk menghadiri penobatan Raja Charles. Di lain sisi, pihak istana Buckingham menyampaikan bahwa mereka telah secara resmi melayangkan undangan kepada Pangeran Harry untuk hadir di acara tersebut.

Baca juga: Prangko bergambar Raja Charles tanpa mahkota diluncurkan di Inggris

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023