Saya ingatkan agar seluruh SKPD lebih fokus terhadap program...
Tenggarong (ANTARA News) - Pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Pengendalian (Rakordal) APBD 2012, pada dasarnya dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kinerja fungsi pelaporan. Hal tersebut disampaikan Wakil  Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) HM Ghufron Yusuf, saat membuka Rakordal APBD 2012 Semester II, Senin  pekan lalu (10/12) di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar.

"Selain itu juga sebagai Pemantauan dan evaluasi agar pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan, menentukan tindakan koreksi yang perlu diambil bila terjadi permasalahan/kendala dalam proses yang sedang berjalan," ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, menurut Ghufron fungsi pengendalian selalu dilakukan pemantauan secara periodik untuk mengamati perkembangan rencana pembangunan, mengidentifikasi serta mengantisipasi permasalahan yang timbul maupun yang akan timbul dan segera dilakukan tindakan sejak dini.

Dalam pelaksanakan Rakordal itu diinginkan partisipatif SKPD mengevaluasi seberapa jauh target-target pembangunan yang ditetapkan telah dicapai. Menurut Ghufron, yang terpenting adalah sampai sejauhmana pengendalian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh masing-masing SKPD yang direpresentasikan melalui pencapaian tujuan dan sasaran dalam Renstra dan Renja-SKPD.

"Sehingga kegiatan yang dilaksanakan oleh SKPD tidak berakibat pada pemborosan keuangan daerah," tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Ghufron, memperhatikan Laporan Capaian Kinerja Pelaksanaan APBD 2012 yang disampaikan oleh Bappeda, bahwa progres semester kedua sampai dengan November masih belum sesuai harapan. Hal itu mengindikasikan bahwa target yang ditetapkan pada Semester Kedua belum tercapai.

Maka, dikatakan Ghufron untuk pekerjaan pada Semester Kedua (awal Triwulan Keempat) diperlukan percepatan daya serap anggaran, tentunya tanpa mengorbankan prinsip pengelolaan kegiatan dan keuangan yang akuntable.

Ia berharap daya serap anggaran pada Triwulan Keempat tidak lagi terjadi hambatan, agar semua sasaran pembangunan dapat dicapai.

"Saya ingatkan agar seluruh SKPD lebih fokus terhadap program dan agenda kegiatan yang telah direncanakan sejak awal," imbaunya.

Terkait dengan bahwa Pemda mencanangkan Target Kinerja Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Keuangan Pemkab yang pencapaiannya dilakukan secara bertahap. Oleh karena itu, dikatan Ghufron  setiap SKPD harus memiliki persepsi yang sama dalam rangka mencapai target dimaksud melaluipelaksanaan program/kegiatan dan membuat laporan realisasi keuangannya secara akuntabel. (ADV)

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2012