Lab CoE memanfaatkan kemampuan canggih Google Cloud untuk mengembangkan solusi inovatif yang menggabungkan teknologi generasi mendatang seperti 5G, Edge Computing, Analisis Data, IoT, AR, dan VR

Jakarta, Indonesia (ANTARA/Business Wire)- Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) dan Tech Mahindra meluncurkan lab Google Cloud Smart Analytics dan Center of Excellence (CoE) yang didukung Google Cloud, guna mempercepat transformasi digital bangsa. Lab CoE akan berfokus pada pengembangan solusi inovatif dengan memanfaatkan teknologi generasi mendatang seperti 5G, Edge Computing, Analisis Data, Internet of Things (IoT), Augmented Reality (AR), dan Virtual Reality (VR).

Lab ini akan menyediakan analitik cerdas untuk Communications Service Providers (CSP) agar dapat menghasilkan peluang pendapatan ekstra melalui pengalaman dan penawaran yang sangat dipersonalisasi di sepanjang perjalanan pelanggan. Dengan Lab CoE, berbagai perusahaan juga akan dapat memindahkan kumpulan data besar dengan aman dan lancar untuk memperkuat pengambilan keputusan di berbagai bidang seperti segmentasi pelanggan, pengukuran efektivitas pengalaman, dan penurunan jumlah pelanggan – atau bahkan menghemat waktu dan sumber daya terkait pelatihan model Machine Learning (ML) dan kecerdasan buatan (AI) untuk aplikasi bisnis. CoE juga akan berfokus pada pemenuhan kebutuhan bisnis pasar telekomunikasi dan pasar perusahaan di Asia Tenggara.

Vikram Sinha, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan: “Di Indosat, kami adalah kolaborator utama dalam mempercepat transformasi digital bangsa. Kami senang sekali dapat meluncurkan lab CoE sebagai kerja sama dua merek global untuk menciptakan platform bagi penggunaan baru guna meningkatkan pengalaman pelanggan. Indosat dapat memanfaatkan lab ini untuk memperluas kemampuan dan menambah manfaat bagi pelanggan dari kalangan perusahaan.”

Kemitraan ini akan memadukan keahlian teknologi Tech Mahindra, ML Google Cloud, dan kemampuan AI percakapan di Dialogflow dan BigQuery, serta kekayaan intelektual (IP) Tech Mahindra dengan akselerator internal yang disesuaikan agar CSP lebih dapat melibatkan pelanggan melalui pengalaman berbasis data, memodernisasi platform bisnis, dan mencapai efisiensi operasional dari migrasi ke komputasi awan data yang sepenuhnya terbuka. Sehingga pelanggan akan dapat mempercepat proses komputasi awan data saat beralih ke masa depan yang mengutamakan digital.

Kata Karan Bajwa, Wakil Presiden Google Cloud Wilayah Asia Pasifik, “Perusahaan mengakui bahwa data adalah aset strategis, dan memahami bahwa produk dan pengalaman yang dibuat khusus adalah jauh lebih berharga bagi bisnis dan pelanggan. Tantangan yang merintangi mereka adalah penyebaran data: terlalu banyak data, terlalu tersebar, dengan terlalu banyak data untuk diurai dan dipahami – dan semuanya terkunci dalam silo. Lab Smart Analytics dan CoE yang baru diluncurkan ini memanfaatkan keahlian Google Cloud bersama Tech Mahindra agar berfungsi sebagai katalis bagi perusahaan di industri yang diatur guna meningkatkan kemampuan teknologi mereka, menghilangkan silo data dengan komputasi awan data terbuka, dan menerapkan analitik komputasi awan yang canggih serta AI untuk meningkatkan interaksi pelanggan dan menangkap peluang pertumbuhan baru.”

Lab ini akan membantu CSP memanfaatkan teknologi 5G dan Edge Computing dalam mengembangkan berbagai produk, layanan, dan model bisnis baru yang akan mendorong pertumbuhan pendapatan dan agar CSP lebih mampu memonetisasi aset data jaringan mereka yang signifikan.

CP Gurnani, Managing Director dan Chief Executive Officer Tech Mahindra, mengatakan, “Dipadukan dengan Google Cloud, maka deep technology, keahlian domain, dan kemampuan analitik bisnis kami akan mendorong solusi analitik canggih menjadi yang terdepan. Kerja sama ini juga akan berfungsi sebagai katalis bagi berbagai perusahaan saat memulai proses transformasi digital berbasis data dan membantu memodernisasi aplikasi yang ada. Lab CoE merupakan langkah penting dalam memperkuat kemitraan kami dengan Indosat. Kami yakin, kerja sama ini akan membantu memperluas keberadaan kami di Indonesia. Selanjutnya, kemitraan ini akan menghadirkan berbagai peluang untuk menciptakan aliran pendapatan baru bagi pelanggan kami dengan menyediakan analisis data mendalam untuk membuat keputusan berdasarkan informasi dan yang efisien."

“Peluncuran lab CoE selaras dengan tujuan Indosat yang lebih besar, yaitu menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa. Selanjutnya, peluncuran ini akan membuka dan memaksimalkan potensi yang belum dimanfaatkan dalam digitalisasi industri dan bangsa,” kata Vikram.

Terhubung dengan kami di www.techmahindra.com || Kanal Media Sosial Kami - Facebook | Twitter | LinkedIn | YouTube

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak

Untuk informasi lebih lanjut tentang Tech Mahindra, harap hubungi:
Abhilasha Gupta, Komunikasi Perusahaan Global dan Urusan Publik
Email: Abhilasha.Gupta@TechMahindra.com; media.relations@techmahindra.com



Sumber: Tech Mahindra


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023