Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi peluncuran program SheHacks 2023 Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) yang diyakini turut mendorong perempuan Indonesia mengembangkan solusi kreatif dan inovatif sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Peran perempuan sebagai agent of change sektor parekraf sangat berpengaruh akan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Selamat atas peluncuran SheHacks 2023 bersama Indosat, mari berkolaborasi mendorong perempuan Indonesia mengembangkan solusi kreatif dan inovatif sebagai pelaku UMKM," ungkap Menteri Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, Jumat (14/4).

Sandiaga menambahkan bahwa bangkitnya ekonomi nasional khususnya di bidang ekonomi kreatif salah satunya karena meningkatnya jumlah perempuan berdaya yang juga sebagai pelaku UMKM. Mereka, kata Sandi, memiliki peran dalam ketahanan ekonomi keluarga dan bangsa.

Baca juga: DBS tingkatkan literasi digital dan keuangan untuk cegah kesenjangan

Sementara itu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, mengapresiasi langkah Indosat yang kembali menghadirkan program SheHacks bagi perempuan Indonesia. Menurutnya, terdapat pemilik dan pengelola 64 juta usaha mikro yang berkontribusi pada pertumbuhan di sektor UMKM.

"SheHacks dapat memberikan ruang lebih luas, tidak hanya pada perempuan wirausaha dalam mengembangkan produk tetapi juga bagi perempuan yang memberikan ide solutif dan inovatif untuk mewujudkan kesetaraan jender di Indonesia. Hal ini sejalan dengan program prioritas Presiden di bidang wirausaha untuk menjadikan perempuan berdaya, anak terlindungi, dan Indonesia maju," terangnya.

Baca juga: Menteri Bintang ajak atasi kesenjangan gender di ranah digital

SheHacks 2023 menghadirkan tiga program yaitu SheHacks Innovate, SheHacks Impact, dan She(Hacks) Improve. SheHacks Innovate merupakan workshop daring selama dua hari untuk membantu wirausahawan pemula memecahkan masalah dan mengembangkan inovasi yang berfokus pada pelanggan dengan menggandeng pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sedangkan SheHacks Impact merupakan program selama enam bulan bagi para pendiri startup yang meluncurkan produk dalam kategori MVP (minimum variable product) stage untuk dapat ditingkatkan.

Sementara program She(Hacks) Improve memberikan akses kepada peserta untuk dapat menggunakan berbagai video pembelajaran yang mencakup pengetahuan yang perlu diketahui oleh mereka demi mengembangkan usaha yang dijalankan.

Baca juga: Indosat gelar SheHacks 2023 kurangi kesenjangan digital bagi perempuan

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023