Jakarta (ANTARA) - Sejumlah musisi di antaranya penyanyi pop Katy Perry, grup vokal Take That dan penyanyi legendaris Amerika Lionel Richie akan tampil dalam suguhan konser yang meramaikan prosesi penabalan Raja Charles di Inggris pada 6 Mei 2023.

"Sungguh suatu kehormatan dan menjadi pengalaman sekali dalam seumur hidup bisa berbagi perayaan di atas panggung bersama para penampil lainnya dalam konser pemahkotaan nanti," kata Lionel Richie seperti dilansir Reuters, Sabtu.

Puncak acara resmi penabalan Raja Charles yang menggantikan mendiang Ratu Elizabeth akan digelar di Westminster Abbey. Selain tiga nama sebelumnya, beberapa seniman musik yang akan turut memeriahkan acara tersebut adalah bintang opera Andrea Bocelli, penyanyi Freya Ridings, penyanyi opera bass-bariton Bryn Terfel, dan komposer klasikal Alexis Ffrench.

Pada hari berikutnya, pusat keramaian akan beralih ke Kastil Windsor yang berada di sebelah barat London. Di tempat tersebut, diperkirakan sebanyak 20.000 anggota masyarakat dan tamu istimewa akan hadiri dalam konser yang juga disiarkan di televisi dan radio.

Nama-nama penampil diumumkan langsung oleh pihak British Broadcasting Corporation (BBC) yang akan memproduksi dan menyiarkan secara langsung gelaran tersebut. Pihak BBC juga menjelaskan bahwa sejumlah lokasi unik di seluruh Inggris Raya akan menjadi pusat perhelatan konser dengan menampilkan aksi laser, proyeksi, dan visual drone.

"Akan tampil kolaborasi berbagai jenis musik dari pop hingga klasikal, yang berpadu dengan aksi spoken word dan pertunjukan tarian yang merefleksikan seni dan budaya dari seluruh wilayah Inggris Raya dan Persemakmuran," ujar sumber dari BBC.

Baca juga: Raja Charles peringati korban PDII di Hamburg dalam lawatan ke Jerman

Baca juga: Spotify rilis playlist penabalan Raja Charles III tanpa Stones

Baca juga: Inggris beri turis kesempatan telusuri jejak penobatan Raja Charles

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023