"Yang pertama terasa kecil, namun yang kedua getarannya besar dan lama,"
Palu (ANTARA News) - Gempa bumi di Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, berkekuatan 6,0 Skala Richter pada Senin, pukul 17.16 WITA, tidak menimbulkan kerusakan meski sempat ada kepanikan warga.

Muhammad Igrawan, pejabat Pemkab Banggai Kepulauan yang dihubungi mengaku tidak mendapat laporan kerusakan bangunan atau adanya korban dari warga.

Namun, katanya, pemerintah tetap melakukan pemantauan dan mengumpulkan informasi karena ada beberapa daerah yang susah terpantau kondisinya.

Dia mengatakan saat ini warga sudah tenang dan masuk ke rumahnya masing-masing.

Pada saat terjadi gempa, ratusan orang berhamburan ke luar rumah karena khawatir bangunan roboh apalagi getaran terasa sekitar tiga menit.

"Saya dan keluarga juga berlarian ke luar," kata Igrawan.

Dia mengaku merasakan getaran gempa sebanyak dua kali. "Yang pertama terasa kecil, namun yang kedua getarannya besar dan lama," katanya.

Laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan lokasi gempa bumi berada 0,77 lintang selatan dan 123,89 bujur timur.

Sementara itu titik gempa berada pada kedalaman 10 kilometer dan berada di 114 kilometer timur laut Kabupaten Banggai Kepulauan.

(R026/E005)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012