Pekanbaru (ANTARA) - PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) menggandeng PT Bumi Laksamana Jaya (BLJ) suatu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bengkalis, Riau untuk mengembangkan kerja sama di bidang minyak dan gas bumi (migas).

"Kerja sama dimaksud terkait Elnusa berpengalaman selama 53 tahun di berbagai wilayah kerja di Indonesia dan luar negeri, dalam mendukung capaian target produksi migas di Indonesia," kata Direktur Utama PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) John Hisar Simamora dalam keterangannya di Pekanbaru, Sabtu.

John mengatakan kerja sama ini sebagai bukti komitmen perusahaan kepada pemangku kepentingan dalam perwujudan strategi pertumbuhan dan pengembangan bisnis Elnusa ke depan.

Kerja sama dimaksud, sekaligus mengantisipasi gejolak industri migas yang makin kompetitif serta mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia nasional dan kandungan lokal dalam pekerjaan migas.

"Elnusa berperan sebagai penyedia jasa energi yang memiliki solusi total atas berbagai kompetensi handal mulai dari jasa Hulu Migas, jasa distribusi & logistik energi dan jasa penunjang migas," katanya.

John menyebutkan, keunggulan PT Bumi Laksamana Jaya (BLJ) adalah disertai pengalaman dan kapabilitasnya akan mendukung Elnusa untuk bisa tumbuh lebih kuat, di wilayah Kabupaten Bengkalis sebagai lokasi operasi Pertamina Hulu Rokan --perusahaan afiliasi Elnusa dibawah Subholding Hulu Pertamina Hulu Energi-- juga di luar Kabupaten Bengkalis.

Direktur Utama BLJ Abdul Rahman mengetakan melalui kerja sama ini bisa menyerap tenaga kerja lokal guna mengurangi pengangguran dengan harapan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah dan nasional.

Bupati Bengkalis Kasmarni mengatakan pihaknya menyadari bahwa kerja sama ini diyakini berdampak terhadap pembangunan dan perekonomian daerah Kabupaten Bengkalis.

"Kita berharap kerja sama ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi inklusif, dan memberi optimal bagi kedua belah pihak," katanya.

Elnusa (IDX: ELSA) merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam subholding Upstream Pertamina.

Sebagai perusahaan solusi total jasa energy, Elnusa memiliki kompetensi inti pada jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi dan jasa penunjang.

Lini jasa hulu migas antara lain meliputi jasa Geoscience & Reservoir (land, transition zone & marine serta data processing), jasa pengeboran & pemeliharaan lapangan migas (drilling & workover), jasa engineering, procurement, construction & operation maintenance (EPC-OM).

Lini jasa distribusi dan logistik energi meliputi jasa transportasi BBM, pengelolaan depot, hingga penjualan chemical.

Baca juga: Elnusa siapkan belanja modal Rp500 miliar di 2023

Baca juga: Pertamina Hulu Energi resmi kuasai 51 persen saham Elnusa
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023