"Rekan-rekan sekalian jelang Idul Fitri akan ada masyarakat yang melaksanakan mudik dan lebaran, sehingga pemudik yang akan melintasi provinsi harus diberikan rasa aman, begitu pula warga Lampung yang mudik dan meninggalkan rumahnya harus dijaga keam
Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisan Daerah (Polda) Lampung meminta kepada semua jajarannya dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemudik yang akan melintasi wilayah provinsi ini baik masyarakat dari Sumatera menuju ke Jawa maupun sebaliknya.

"Rekan-rekan sekalian jelang Idul Fitri akan ada masyarakat yang melaksanakan mudik dan lebaran, sehingga pemudik yang akan melintasi provinsi harus diberikan rasa aman, begitu pula warga Lampung yang mudik dan meninggalkan rumahnya harus dijaga keamanannya," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, dalam kegiatan Apel Gabungan Pengaman Hari Raya Idul Fitri, di Bandarlampung, Sabtu malam.

Menurutnya, tugas pengamanan mudik ini bukanlah pekerjaan yang ringan untuk dikerjakan, sebab pihaknya dihadapkan dengan keterbatasan sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasaran.

"Namun begitu, kami yakin dengan kebersamaan dan kompak serta menjaga profesionalisme dalam bertugas dapat melaksanakan tugas ini semua dengan baik," kata dia.

Tentunya, lanjut Kapolda Lampung, keberadaan rekan-rekan polri di tengah-tengah masyarakat saat arus mudik harus bisa menjawab dan memberikan rasa aman kepada pemudik dari gangguan premanisme, pemalakan, pemerasan dan tindak kejahatan lainnya yang berada di jalur mudik.

"Apalagi di Lampung ini ada empat jalur mudik, melalui tol, lintas timur, lintas tengah, dan lintas barat, saya yakin tentu rekan-rekan yang ada di wilayah itu, sudah tau mana saja titik rawan terjadinya aksi pemalakan dan sebagainya," kata dia.

Helmy pun menegaskan kepada seluruh jajarannya jangan ragu memberikan tindakan tegas terukur terhadap pelaku kejahatan yang dengan nyata membahayakan jiwa, harta benda masyarakat atau pemudik.

"Jangan ragu, tapi tidak boleh sembarangan dan sembrono dalam memberikan tindakan tegas terukur. Saya yakin dan percaya, dan harus yakin semua bisa berjalan dengan aman dan lancar karena segala sesuatunya sudah disiapkan dengan baik termasuk apel malam ini, mari laksanakan tugas pengamanan mudik dengan semaksimal mungkin," kata dia.
 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023