"Karena tugas berbeda dan akhir masa jabatan berbeda, sehingga saat ini tim melakukan seleksi untuk dua orang anggota Bawaslu Sulut,"
Manado (ANTARA) - Tim seleksi membuka pendaftaran calon anggota Bawaslu Sulawesi Utara periode 2023-2028 mulai 17 April hingga 3 Mei 2023.

"Karena tugas berbeda dan akhir masa jabatan berbeda, sehingga saat ini tim melakukan seleksi untuk dua orang anggota Bawaslu Sulut," sebut Ketua Tim Seleksi Bawaslu Sulut, Johny Tarore, di Manado, Minggu.

Ketika dikeluarkan pedoman teknis dan linimasa jadwal tahapan pendaftaran, maka tim seleksi harus mengumumkan ke media agar supaya ini bisa terjangkau ke seluruh masyarakat.

"Nah kalau tidak melakukan pengumuman takutnya kan ada gugatan, karena itu tim seleksi harus mengumumkan pendaftaran dan sosialisasi, termasuk syarat-syarat pendaftaran menjadi komisioner Bawaslu Sulut. Pengumuman pendaftaran itu harus terpublikasi di dua media cetak selama tiga hari," ujar Johny.

Setelah dilakukan tahapan sosialisasi, maka pada hari Senin (17/4) mulai dibuka tahapan pendaftarannya, calon dapat membawa aplikasi pendaftarannya ke sekretariat di Gran Puri Hotel, lantai tiga ruang Lokon.

"Jadi tujuh hari kerja dibuka pendaftaran ini dan akan berakhir tanggal 3 Mei mendatang," sebutnya.

Dari sisi aturan, proses pendaftaran ini harus terpenuhi delapan kali dari jumlah jumlah komisioner yang akan direktrut.

"Artinya ada 16 pendaftar, selain itu juga harus memperhatikan keterwakilan 30 persen perempuan kira-kira ada lima orang," katanya menjelaskan.

Namun apabila tidak terpenuhi jumlah pendaftar atau tidak tercapai 16 orang atau tidak ada keterwakilan perempuan, maka tahapan itu akan diperpanjang.

Setelah melalui tahapan seleksi administrasi dan dinyatakan lolos, maka calon komisioner Bawaslu Sulut berhak mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tes tertulis dan psikologi.

Selain Johny Tarore, tim seleksi lainnya yaitu H. Hamzah Latief, J D. Pombengi, Irfan Pakaya, serta Irene R. H. T. Tangkawarouw.


 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023