Untuk itulah saya mengajak seluruh pemangku kepentingan...untuk saling bahu membahu berperan aktif secara bergotong-royong dalam keterpaduan langkah dan sinergi untuk perbaikan kualitas air kita
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong meresmikan Ekoriparian Mega Regency di Desa Sukaragam, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Alue mengatakan untuk mewujudkan kualitas air yang bersih dan memenuhi standar tidaklah mudah. Ia mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama melakukan perbaikan kualitas air sungai sehingga terwujud kualitas air yang bersih dan dapat digunakan untuk semua.

"Untuk itulah saya mengajak seluruh pemangku kepentingan, masyarakat, pelajar, mahasiswa, komunitas peduli sungai, pemerintah kecamatan, desa atau lurah, pemerintah daerah, para pelaku usaha, dan lain-lain, untuk saling bahu membahu berperan aktif secara bergotong-royong dalam keterpaduan langkah dan sinergi untuk perbaikan kualitas air kita," katanya di Kabupaten Bekasi, Minggu.

Ia menjelaskan keberadaan Ekoriparian Mega Regency merupakan contoh dari restorasi atau pemulihan ekosistem aliran sungai untuk perbaikan kualitas air, terutama Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Baca juga: Program Citarum Harum tentukan kualitas hidup 18 juta warga

"Kegiatan yang ada di sini antara lain Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dapat mengolah air limbah domestik untuk 2.400 rumah tangga, pembuatan pupuk kompos dan rain water harvesting system (sistem penampungan air hujan)," katanya.

Ia mengatakan Ekoriparian merupakan pemanfaatan sempadan sungai sebagai tempat utama edukasi dan rekreasi serta silaturahmi antar-masyarakat.

"Di Ekoriparian Mega Regency ini terdapat ruang terbuka hijau, lapangan futsal dan bulutangkis, kios UMKM, kebun buah, hidroponik, serta wahana flying fox sebagai sarana masyarakat berinteraksi, menjadi sehat, alam yang bertambah indah, dan yang terpenting kualitas airnya tambah baik," kata Wamen LHK.

Baca juga: PLTA, Indonesia Power ajak masyarakat jaga kualitas air Sungai Citarum
Baca juga: KLHK: Indeks kualitas air belum capai target perlu perbaikan sanitasi


 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023