Semarang (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Daerah Jawa Tengah memberikan pengawalan kepada para pemudik bersepeda motor saat melintas masuk provinsi ini pada masa arus mudik Lebaran 2023.

Kepala Polda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Lutfi di Semarang, Senin, mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah cek poin bagi para pemudik bersepeda motor.

Menurut dia, pengawalan itu merupakan upaya preemtif kepada pemudik bersepeda motor, khususnya yang melintas di jalur pantai utara atau pantura.

"Nanti pemudik masuk cek poin dan menunggu rombongan lainnya. Kalau dirasa jumlahnya sudah cukup akan diberikan pengawalan secara estafet," katanya.

Baca juga: Kapolresta Banyumas imbau pemudik tidak memaksa berkendara jika capek

Kapolda meminta para pemudik memastikan diri dan kendaraan yang digunakan dalam perjalanan kondisinya baik.

Lutfi juga meminta para pemudik beristirahat saat memasuki Jawa Tengah yang merupakan titik lelah dalam perjalanan mudik dari arah Jakarta. Saat beristirahat di cek-cek poin yang disiapkan, sejumlah fasilitas juga disiapkan bagi para pemudik.

Polda Jawa Tengah menyiapkan sebanyak 253 pos pengamanan dan pelayanan yang tersebar pada berbagai titik jalur mudik.

Pos-pos pengamanan itu sudah mulai dioperasikan sebelum pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2023 yang dilaksanakan Senin ini.

Baca juga: Kemenhub imbau masyarakat atur waktu perjalanan hindari puncak mudik
Baca juga: Ahli: Pengangkutan sepeda motor atasi masalah pemudik di kampung

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023