Jangan paksakan mereka tetap menyetir kendaraan jika lelah di perjalanan mudik karena keluarganya menunggu di ruma
Bandung (ANTARA) - Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengingatkan para pemudik Idul Fitri 1444 Hijriah untuk tidak memaksakan diri tetap berkendara saat merasa lelah dalam perjalanan selama Lebaran 2023.

"Jangan paksakan mereka tetap menyetir kendaraan jika lelah di perjalanan mudik karena keluarganya menunggu di rumah," katanyadi Bandung, Jawa Barat, Senin. 


Ia mengatakan, masyarakat dapat memanfaatkan ratusan posko pengamanan Polri yang tersebar di wilayah Jabar sebagai bagian dari Operasi Ketupat Lodaya 2023 selain hanya mengandalkan rest area di jalan tol.

Menurutnya, di wilayah hukum Polda Jawa Barat terdapat sebanyak 328 pos polisi yang terdiri atas 222 posko, 26 posko terpadu, dan 80 posko pelayanan. Untuk itu, dia mengimbau masyarakat memanfaatkan jumlah posko tersebut.

Adapun untuk Lebaran 2023, ia mencatat ada sebanyak 23.537 personel gabungan dari berbagai instansi yang terlibat dalam pengamanan.

Menurutnya, setiap pos polisi akan dijaga oleh personel polisi yang siap melayani masyarakat saat istirahat.

Selain itu, ia juga memastikan seluruh jalur mudik di wilayah Jawa Barat, mulai dari jalur tol, jalur pantura, hingga jalur arteri pantura, dapat digunakan untuk mudik.

“Alhamdulillah Tol Cisumdawu juga sudah beroperasi meski hanya sampai pukul 15.00 WIB,” kata Akhmad Wiyagus .

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengingatkan pemudik tidak memilih waktu ziarah saat ada puncaknya pada hari-hari menjelang Lebaran.

“Jalur komuter tidak harus selalu lewat utara, jalur selatan juga bisa digunakan, dan mungkin (jalur selatan) akan lebih mulus dibanding saat semua orang memutuskan lewat utara,” katanya.

Baca juga: Polda Jabar Sebut Arus Mudik di Tol Mulai Muncul H-7 Lebaran 2023

Baca juga: Volume kendaraan menuju arah Barat dan Jawa Barat meningkat pada jalur mudik Cianjur

Baca juga: Polisi menyebut kemacetan di jalur selatan masih rawan terjadi di Limbangan

Baca juga: Polda Jabar memastikan jalur "one way" tidak menutup arus Bandung-Jakarta

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023