Kami berharap di akhir tahun ini rute penerbangan internasional sudah bisa kembali mendekati periode sebelum pandemi COVID-19
Badung (ANTARA) - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali kembali menambah konektivitas antara Hongkong dan Pulau Bali dengan terbaru, maskapai penerbangan Hong Kong Airlines kembali membuka rute Hongkong- Denpasar-Hongkong untuk pertamakalinya setelah pandemi COVID-19.

"Sebelumnya rute ini hanya dilayani oleh maskapai Cathay Pacific, dengan penerbangan perdana Hong Kong Airlines ini tentunya akan semakin memperkuat konektivitas antara Hongkong dan Bali," ujar General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Handy Heryudhitiawan di Kabupaten Badung, Senin.

Dalam penerbangan perdananya, penumpang Hong Kong Airlines disambut dengan seremonial Water Salute dan pengalungan bunga setibanya di Bandara Bali.

Pesawat Hong Kong Airlines dengan nomor penerbangan CRK707 mendarat di Bali dengan membawa 146 penumpang asal Hongkong. Pesawat dengan tipe Airbus A333 selanjutnya langsung kembali terbang ke Hongkong dengan membawa 281 orang penumpang.

Handy Heryudhitiawan mengatakan pihaknya saat masih menunggu pengajuan rute baru oleh beberapa maskapai yang terus diskusikan dengan pihak-pihak terkait.

"Kami berharap di akhir tahun ini rute penerbangan internasional sudah bisa kembali mendekati periode sebelum pandemi COVID-19," kata dia.

Sebelumnya maskapai asal China, China Eastern Airlines juga telah kembali membuka rute penerbangan Shanghai-Denpasar-Shanghai untuk pertamakalinya setelah pandemi COVID-19.

Saat ini Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali melayani lima rute menuju China dengan 3 diantaranya menuju Tiongkok Daratan yakni Shenzen, Shanghai, dan Xiamen, Hongkong, serta Taipei.

Ia menambahkan secara keseluruhan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali telah melayani 28 penerbangan rute internasional terjadwal yang menghubungkan Pulau dewata dengan berbagai negara dengan dilayani 34 maskapai penerbangan.

"Kami berharap dibukanya rute tambahan dari dan menuju Hongkong dapat berpengaruh positif bagi pariwisata Pulau Bali,” kata Handy Handy Heryudhitiawan.

Baca juga: Bandara Bali terima 258 pengajuan penerbangan tambahan saat arus mudik
Baca juga: Bandara Bali tambah penerbangan hubungkan Indonesia-Tiongkok Daratan

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023