Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi meresmikan Jembatan Sei Wampu, Kabupaten Langkat,Sumatera Utara selama arus mudik lebaran Idul Fitri 2023 untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas di wilayah tersebut.

“Alhamdulillah, Jembatan Sei Wampu hari ini resmi dioperasionalkan selama arus mudik lebaran 2023,” ujar Edy Rahmayadi saat meresmikan Jembatan Sei Wampu, di Kabupaten Langkat, Senin

Edy menuturkan, Jembatan Sei Wampu diharapkan mampu mengatasi masalah kemacetan saat perayaan hari besar seperti Lebaran Idul Fitri di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Medan-Aceh tepatnya di Kabupaten Langkat.

"Jembatan Sei Wampu mulai dibangun tahun 2016 dan akhirnya selesai tahun ini. Sebelumnya, jembatan lama selalu menjadi titik kemacetan panjang di hari-hari biasa, terutama saat hari-hari besar," kata Edy.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN), Brawijaya mengatakan, jembatan Sei Wampu merupakan jembatan lengkung terpanjang di Sumatera. Panjang jembatan ini 182 meter dengan art bridge 140 meter (lengkungan).

“Ini akan meningkatkan aksesibilitas kedua Provinsi Sumut- Aceh, sebelumnya titik ini sangat macet,” kata Brawijaya

Brawijaya juga menjelaskan jembatan Sei Wampu difungsikan untuk lalu lintas selama mudik, Lebaran dan arus balik. Kemudian akan kembali dibenahi untuk kelengkapan jembatan Sei Wampu.

“Sekarang kita fungsionalkan untuk mengurai kemacetan selama Idul Fitri, kemudian kita tutup lagi satu minggu untuk mempercantiknya, memuluskan seperti lampu, aspal yang lebih mulus dan lainnya,” ujarnya

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023