Surabaya (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur memberangkatkan 1.000 pemudik dari Surabaya menuju 33 kota dan kabupaten di Jawa Timur dan Jawa Tengah melalui program Mudik Bersama BUMN 2023 bertajuk "Mudik dinanti Mudik di hati".

General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran di Surabaya, Selasa mengatakan dirinya turut berbahagia dapat memberangkatkan pemudik ke daerah ke kampung halaman pada Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami berupaya untuk memberikan fasilitas terbaik agar masyarakat juga merasa nyaman dalam perjalanan mudik Lebaran tahun ini. Sebanyak 33 kota dan kabupaten tujuan tersebar dari Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Sumenep, Trenggalek, Jember, Semarang, Solo hingga Jogja," kata Lasiran.

Tidak hanya menyediakan fasilitas moda transportasi menggunakan bus, PLN turut menyediakan fasilitas mudik gratis dengan kereta api dengan tujuan Yogyakarta dan Semarang.

"Hari ini kami berangkatkan juga dari Stasiun Gubeng dan Stasiun Pasar Turi sebanyak 500 peserta mudik. Semoga lancar," katanya.

PLN turut menyediakan 15 posko mudik yang tersebar di seluruh Unit Layanan Pelanggan PLN di Jawa Timur untuk memfasilitasi pemudik jalur darat.

"Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik juga tidak perlu khawatir, SPKLU kami siap 24 jam di 8 lokasi seperti Rest Area 626 A, 626 B Madiun, Embong Wungu, WTC, PLN Nusantara Power, Malang, Situbondo hingga Banyuwangi," kata Lasiran.

PLN berharap masyarakat dapat tetap menjaga keselamatan dalam perjalanan mudik dan memastikan aliran listrik di rumah telah aman.

"Tidak perlu khawatir jika ada gangguan, petugas kami juga siaga 24 jam. Pelanggan tinggal lapor melalui PLN Mobile jika ada kendala," ujarnya.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023