Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Persero, Regional 4 Makassar, Sulawesi Selatan(Sulsel) pada H-4 jelang Idul Fitri 1444 Hijriah mencatat pertumbuhan arus penumpang mencapai 169 persen dibandingkan posisi sama tahun lalu.

"Total arus penumpang kapal debarkasi dan embarkasi di musim mudik Lebaran 1444 H/2023 mencapai 35.896 orang, sementara posisi sama tahun 2022 lalu hanya tercatat 21.241 orang, meningkat 169 persen," kata General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, kali ini adalah mudik kedua yang dilakukan masyarakat pasca badai Pandemi COVID-19. Tahun lalu Pelindo juga sudah membuka pintu mudik, namun masyarakat belum seantusias di musim lebaran tahun ini.

Kondisi ini diduga memantik tren pertumbuhan yang cukup tinggi untuk arus penumpang kapal di musim mudik lebaran kali ini.

Pelindo Regional 4 Makassar  mengantisipasi lonjakan arus mudik tahun ini seperti membuka Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023 sejak Kamis (6/4) lalu bersama seluruh stakeholder di Pelabuhan Makassar, untuk memudahkan koordinasi serta memberikan pelayanan yang terbaik khususnya bagi para pemudik yang melewati Pelabuhan Makassar selama musim mudik Lebaran.

Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023 di Pelabuhan Makassar ini, lanjut Suhadi, akan beroperasi selama 24 jam selama periode libur lebaran.

Para pemudik yang membutuhkan bantuan atau informasi dapat menghubungi petugas di posko angkutan Lebaran tersebut.

“Kami selalu berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait, utamanya dalam rangka menyambut mudik Lebaran tahun ini,” ujarnya.

Dia mengharapkan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023 di Pelabuhan Makassar ini bisa membantu pemudik yang meggunakan moda transportasi laut untuk mendapatkan berbagai informasi terutama terkait kedatangan dan keberangkatan kapal.

Selain itu,  pihaknya telah mempersiapkan berbagai fasilitas untuk para pemudik yang melintas Pelabuhan Makassar. Salah satunya adalah Ruang Tunggu Sementara (RTS) yang telah diperbaiki untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik.

“Kami juga telah memperbaiki fasilitas di pelabuhan, termasuk Ruang Tunggu Sementara (RTS) untuk para pemudik yang membutuhkan tempat istirahat sementara,” tukas Suhadi.

Tak hanya itu, Pelindo Regional 4 Makassar juga telah menyiapkan spanduk terkait informasi mengenai mudik Lebaran 1444 Hijriah/2023 untuk memberikan informasi kepada para pemudik.

“Kami telah menyiapkan berbagai spanduk informasi mengenai mudik Lebaran untuk memberikan informasi kepada para pemudik tentang segala hal yang mereka butuhkan selama melintas di Pelabuhan Makassar,” ujarnya.

Dia juga berharap mudik lebaran tahun ini berjalan aman, nyaman, dan lancar tanpa ada kendala, serta para pemudik khususnya yang menggunakan moda transportasi kapal laut dapat tiba di tempat tujuan masing-masing dengan tidak ada kekurangan suatu apapun.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023