Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala menanam bibit pohon kamper atau kapur tanduk (Dryobalanops Ianceolata) di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, ketika pemimpin salah satu negara Eropa itu melakukan kunjungan resmi, Selasa.

Bibit pohon kamper yang ditanam PM Fiala berada di samping kanan dari bibit pohon gaharu yang ditanam Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos Horta beberapa waktu lalu dan di belakang bibit pohon merawan yang ditanam Presiden Republik Sosialis Vietnam Nguyen Xuan Phuc.

Saat prosesi penanaman, Presiden Jokowi tampak menjelaskan mengenai bibit pohon kamper serta manfaat dari tumbuhan yang kayunya dikenal kuat itu.

Selepas penanaman bibit pohon, Presiden Jokowi mengajak PM Ceko berkeliling ke Kebun Raya Bogor menumpangi mobil buggy.

Presiden Jokowi mengemudikan mobil buggy, sementara PM Fiala duduk di sebelahnya, lantas keduanya berkeliling Kebun Raya Bogor sembari berbincang sekira 15 menit lamanya.

Selepas berkeliling Kebun Raya Bogor, Presiden Jokowi dan PM Fiala melakukan pertemuan bilateral didampingi delegasi masing-masing sebelum dijadwalkan menggelar pernyataan pers bersama di Ruang Teratai Istana Bogor.

PM Ceko Petr Fiala tiba di Istana Bogor sekira pukul 16.10 WIB dan disambut langsung oleh Presiden Jokowi beserta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, dan Duta Besar RI untuk Republik Ceko Kenssy D. Ekaningsih beserta sejumlah delegasi Ceko.

Kunjungan resmi PM Fiala merupakan tindak lanjut dari pertemuan bilateral yang dilakukan bersama Presiden Jokowi di Brussels, Belgia, pada 14 Desember 2022.

Kala itu, kedua kepala negara membahas beberapa isu kerja sama di bidang ekonomi, pertahanan dan industri strategis, serta kawasan Indo-Pasifik.

Presiden Jokowi saat itu mengutarakan pentingnya percepatan penyelesaian Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa (IEU CEPA) serta realisasi rencana investasi Ceko di Indonesia.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi partisipasi Ceko dalam pameran Indo-Defense 2022 sembari menyampaikan pentingnya meningkatkan kerja sama pertahanan dan industri strategis lewat produksi bersama, alih teknologi, dan investasi manufaktur.

Selain itu, Presiden juga sempat mengundang keikutsertaan Ceko dalam ASEAN Indo-Pacific Infrastructure Forum (AIPIF) yang rencananya diselenggarakan di Indonesia pada 6-7 September 2023.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023