Biak (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengajak para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mempromosikan produk usaha melalui Festival Gerhana Matahari Total Hibrida yang berlangsung di Biak pada 17-20 April 2023.

"Sesuai arahan Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap festival Gerhana Matahari Total Hibrida untuk menyediakan pameran produksi usaha bagi pelaku UMKM di Biak Numfor," kata Kepala Dispar Biak, Onny Dangeubun di Biak, Selasa.

Ia mengatakan, keterlibatan pelaku UMKM di ajang pameran untuk mempromosikan beragam jenis usaha seperti ikan asap, kue, produk pertanian serta makanan dan minuman guna memberikan nilai tambah pendapatan ekonomi bagi rumah tangga keluarga setempat.

Disebutkan Onny, untuk lokasi dan tenda tempat berjualan sudah disiapkan panitia Festival Gerhana Matahari Total Hibrida.

"Ya sekarang tinggal datang ke lokasi pameran produk UMKM kami sudah sediakan lokasi berjualan di kawasan pantai eks perusahaan ikan Biak Mina Jaya dan Hotel Nirmala Beach Kampung Samao Distrik Biak Kota," kata  Onny.

Sementara itu, Bupati Biak Herry Ario Naap meninjau persiapan pelaksanaan Festival Gerhana Matahari di lokasi pantai eks Biak Mina Jaya dan lokasi pameran UMKM.

Diakuinya, Festival Gerhana Matahari Hibrida merupakan fenomena alam yang langka karena terjadi 100 tahun sekali.

"Ya wilayah Biak Kota menjadi daerah yang dilalui Gerhana Matahari Hibrida sehingga menjadi daya tarik bagi ilmuwan astronom menyaksikan langsung ke Biak," katanya.

Festival Gerhana Matahari total Hibrida sebagai rangkaian pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih 2023 akan berlangsung pada puncaknya di Kabupaten Biak Numfor 20 April 2023.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023