Haikou (ANTARA) - Hainan, provinsi berbentuk pulau di China Selatan, melaporkan total penjualan bebas bea lepas pantai sebesar 16,9 miliar yuan (1 yuan = Rp2.150) atau sekitar 2,46 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.773) pada kuartal pertama (Q1) tahun ini, meningkat 14,6 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Bea Cukai Haikou melaporkan selama periode tersebut, jumlah pembeli produk bebas bea di Hainan mencapai 2,24 juta, naik 27,2 persen (yoy), dengan lebih dari 19,6 juta produk bebas bea terjual.

China merilis sebuah rencana utama pada Juni 2020 untuk membangun Hainan menjadi pelabuhan perdagangan bebas tingkat tinggi yang berpengaruh secara global pada pertengahan abad ini.

Selama beberapa tahun terakhir, provinsi pulau tersebut telah berkembang menjadi destinasi belanja yang menarik bagi konsumen domestik.

Pada Oktober 2022, Kompleks Perbelanjaan Bebas Bea Internasional Haikou (Haikou International Duty-Free Shopping Complex), yang merupakan pusat perbelanjaan bebas bea terbesar di dunia yang berdiri sendiri, dibuka di Haikou, ibu kota Hainan.

Pada April tahun ini, toserba terkenal Wangfujing Group Co., Ltd. meluncurkan toko bebas bea lepas pantai ke-12 di Hainan, tepatnya di Kota Wanning.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023