Cianjur (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kebun Raya Cibodas memperkirakan saat libur Hari Raya Idul Fitri 2023, bunga bangkai raksasa The Giant Titans diperkirakan mekar sempurna, sehingga dapat dinikmati pemudik dan wisatawan yang datang.

Humas BRIN Kebun Raya Cibodas (KRC), Dwi Novia Puspitasari di Cianjur, Selasa, mengatakan kejadian langka mekarnya bunga bangkai raksasa dapat disaksikan wisatawan yang sedang menikmati libur Hari Raya pada tanggal 23-25 April 2023 atau pemudik yang hendak menikmati objek wisata di Cianjur.

"Salah satu anakan dari 11 anakan bunga bangkai The Giant Titans asal Sumatera Barat yang berada di Kebun Raya Cibodas, sudah memperlihatkan kondisi kuncup yang siap mekar, sehingga pemudik yang ingin melihat sambil beristirahat dapat datang ke Kebun Raya Cibodas," katanya.

Baca juga: Kebun Raya Cibodas punya koleksi 1.981 spesies tanaman

Dwi menjelaskan terdapat satu bunga yang mengalami fase generatif yang mekar tepat di saat libur Hari Raya Idul Fitri. Momen mekarnya The Giant Titans  tersebut hanya akan bertahan selama sepekan atau diperkirakan hingga akhir pekan ketiga bulan April.

Bunga Bangkai yang akan mekar pada periode libur Lebaran itu, mengalami tiga kali mekar, mekar pertama tahun 2014, kedua tahun 2018 dan yang ketiga pada 2023, karena fase mekarnya terbilang cukup lama membutuhkan waktu 4 tahun untuk melihat peristiwa mekarnya bunga bangkai.

"Sedangkan untuk melihat pertama kali mekarnya bunga endemik asli Indonesia itu, harus menunggu waktu sampai 14 tahun dari waktu ditanam. Bunga bangkai itu juga memiliki tinggi yang luar biasa, yang pertama tingginya sampai 3,4 meter dan kedua tingginya 3,2 meter," katanya.

Sedangkan yang saat ini sudah mulai mekar memiliki ketinggian baru 1 meteran dan kemungkinan akan memiliki tinggi yang sama dengan bunga yang sudah lebih dulu mekar beberapa tahun lalu. Indukan asli The Giant Titans pernah mekar sampai dengan ketinggian 3,7 meter.

Baca juga: Bunga Bangkai setinggi 289 centimeter mekar di Kebun Raya Cibodas

Baca juga: Bunga bangkai mekar lagi di Kebun Raya Cibodas


"Induknya telah tumbuh di Kebun Raya Cibodas selama 23 tahun. Induk dari 11 anakan bunga bangkai raksasa berasal dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TMKS) yang ditanam di Kebun Raya Cibodas sejak tahun 2000," katanya.

Dwi menambahkan bunga bangkai raksasa termasuk tanaman yang sangat sensitif, sehingga tidak akan mekar sempurna ketika bagian tunas bunga terganggu, maka tidak akan mekar sempurna seperti beberapa tahun lalu, saat tunas bunga hendak mekar ada yang melempar dengan batu.

"Saat fase berbunga bagian tunas terkena lemparan batu dari pengunjung yang langsung membuat bunga tidak jadi mekar dan langsung membusuk karena tanaman ini termasuk sensitif, tumbuhnya tergantung cuaca, rusak sedikit langsung busuk dan masuk tahap dorman atau fase istirahat,” katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023