Saya akan pergi sementara namun saya akan segera kembali."
Barcelona (ANTARA News) - Pelatih Barcelona Tito Vilanova Kamis bersumpah cepat kembali sesudah operasi kanker yang kemungkinan memberhentikannya selama enam minggu, membuat kaget para pemimpin Liga Spanyol.

"Saya akan pergi sementara namun saya akan segera kembali," kata surat kabar olah raga Barcelona Mundo Deportivo mengutip Vilanova ketika mengatakan kepada para pemainnya malam sebelum dia masuk rumah sakit untuk operasi kelenjar ludahnya.

Sebuah surat kabar yang dekat dengan Barca, Sport, melaporkan bahwa operasi telah dilakukan Kamis pagi dan bahwa Barca akan menyampaikan update resmi kemudian.

"Saya kira bahwa kami semua di Spanyol tanpa kecuali, tanpa memandang ideologi dan bahkan preferensi olah raga, bersama Tito, yang sedang menjalani operasi sekarang," kata Menteri Olah Raga Spanyol Jose Ignacio Wert kepada stasiun Radio COPE sebelumnya.

Vilanova, 44, memimpin Barcelona terbaik yang belum pernah ada sedari mula liga mereka namun klub mengatakan dia akan berada di rumah sakit selama empat hari dan kemudian enam minggu chemotherapy atau radiotherapy.

"Kami akan mencoba jalan terus seperti biasanya sebisa mungkin namun tidak total normal karena Tito adalah pelatihnya dan kini selama beberapa minggu dia tidak akan berada di sana," kata presiden klub Sandro Rosell 
Rabu malam.

"Tito sangat kuat dan kami yakin dia akan segera bergabung dengan kami," kata dia menekankan dalam sebuah konferensi pers, ketika para pemain termasuk Xavi Hernandez dan Andres Iniesta duduk dengan wajah serius.

Berhenti enam minggu berarti Vilanova kemungkinan kembali persis saat pertandingan 16-akhir Barcelona di Liga Champions, melawan AC Milan pada pertengahan Februari, pengundian menyingkapkan Kamis.

Sebelum pengundian di Nyon, Swiss, sekretaris jenderal UEFA Gianni Infantino mengatakan di Catalan: "Tito, kami semua bersamamu."

Pembedahan berlangsung saat momen dramatis bagi Barca, yang terbang tinggi sembilan poin di puncak La Liga Spanyol sementara saingan terberatnya dan pemegang gelar Real Madrid mengalami masalah.

Tim Jose Mourinho Real Madrid 13 poin terkatung-katung di tempat ketiga dan diderak oleh laporan pertengakaran internal. Atletico Madrid berada di tempat kedua, sembilan poin di belakang Barcelona.

Direktur olah raga Andoni Zubizarreta mengatakan asisten pelatih Jordi Roura akan menggantikan untuk sementara, bertindak sebagai pelatih ketika timnya bertandang ke Valladolid untuk pertandingan liga Sabtu.

Barcelona tidak memberikan indikasi pada Kamis tentang kapan pihaknya akan memberikan detail tentang kemajuan Vilanova.

Pesan-pesan dukungan masuk dari para bintang olah raga dan bahkan menempati halaman-halaman depan pers olah raga Madrid yang sangat partisan.

"Kami semua bersama Tito," kata Marca, harian utama pro-Real.

Zubizarreta menolak spekulasi bahwa pelatih Barcelona sebelumnya Pep Guardiola yang pergi musim kemarin akan melangkah masuk kembali. 

"Tito adalah pelatihnya dan terus akan menjadi pelatihnya. Jourdi Roura akan berada di lubang tempat tunggu para pemain di Valladolid namun pelatihnya adalah Tito," katanya dalam konferensi pers.

Real Madrid bergabung dengan berbagai figur olah raga di Spanyol dan luar negeri dalam mengucapkan kesembuhan bagi Vilanova.

"Tito, setiap orang di belakangmu untuk mengalahkan ini -- kekuatan dari sepak bola dan orang-orang ini. Tidak mungkin anda akan kalah dalam pertandingan ini," tulis kapten Real dan kiper internasional Spanyol Iker Casillas di halaman Facebooknya.

Vilanova menjadi manajer Barca sejak kepergian teman lamanya Guardiola pada April.

Vilanova menjalani operasi untuk mengangkat tumor kelenjar ludah parotid pada 22 November 2011 dan kembali bekerja sebagai deputi Guardiola hanya dua minggu kemudian.

Klub tersebut mengatakan para dokter telah mendeteksi bahwa penyakitnya kembali ke kelenjar itu. (K004)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012