Layanan kesehatan bagi pemudik kami berikan melalui posko di pelabuhan dan bandara,
Manokwari (ANTARA) - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Manokwari, Provinsi Papua Barat, memberikan layanan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi para pemudik di wilayah itu selama masa angkutan Idul Fitri (Lebaran) 1444 Hijriah.
 
"Layanan kesehatan bagi pemudik kami berikan melalui posko di pelabuhan dan bandara," kata Koordinator Susbtansi PKSE KKP Kelas III Manokwari Agung Budijono di Pelabuhan Manokwari, Selasa malam.

Ia menjelaskan bahwa layanan kesehatan tidak hanya diperuntukkan bagi penumpang kapal, melainkan seluruh pengantar dan petugas seperti kepolisian, TNI, Pelni, Pelindo, serta KSOP.
 
Pihaknya juga menyiagakan satu ambulans guna mengevakuasi penumpang yang sedang sakit baik itu penumpang berangkat maupun penumpang turun dari kapal.
 
"Jadi semua yang ada di kawasan pelabuhan ini kita siap memberikan layanan kesehatan," katanya.
 
Ia menjelaskan personel KKP yang disiagakan pada posko arus mudik di pelabuhan berjumlah enam orang terdiri atas satu dokter, dua perawat, dua sopir, dan tenaga umum satu orang.
 
Layanan kesehatan tersebut dapat diakses setiap ada kapal yang berlabuh untuk mengangkut pemudik dari Pelabuhan Manokwari menuju ke sejumlah daerah.
 
"Posko arus mudik KKP yang ada di pelabuhan sudah dibuka dari tanggal 5 April sampai 8 Mei 2023, kalau di bandara dibuka sejak 15 April sampai 5 Mei 2023," katanya.
 
Layanan melalui posko arus mudik, kata dia, beraktivitas dua jam sebelum kapal tiba di pelabuhan dan akan ditutup setelah kapal diberangkatkan.
 
Konsultasi dan pemeriksaan kesehatan para pemudik berlangsung semenjak hari pertama posko dibuka, sehingga penumpang tidak kesulitan ketika berada di dalam kapal.

Pihaknya mengimbau agar seluruh penumpang mudik Lebaran 1444 Hijriah tetap menjaga kesehatan fisik masing-masing dan tetap menerapkan protokol kesehatan selama berada di kapal.
 
"Kami imbau penumpang selalu waspada menerapkan protokol kesehatan dan selalu jaga kesehatan supaya tiba di daerah tujuan dengan aman," demikian Agung Budijono.


Baca juga: Bandara Rendani Manokwari memprediksi puncak arus mudik Lebaran pada H-3

Baca juga: Papua Barat meraih penghargaan BPJS UHC 6 tahun berturut-turut

Baca juga: Pelni Manokwari siapkan sembilan kapal untuk melayani mudik Lebaran 2023

Baca juga: IDI Manokwari menawarkan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga di tiga kabupaten

 

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023