Sidoarjo (ANTARA) -
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggandeng penyandang disabilitas dalam menyelenggarakan pelayanan bagi pemudik di Terminal Bus Purabaya, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan Edwin Aristiawan mengatakan bahwa penyandang disabilitas netra diberdayakan untuk memberikan layanan relaksasi kepada pemudik di Posko Mudik BPJS Kesehatan.

"Ini juga sebagai upaya kontribusi kami dalam pemberdayaan penyandang disabilitas," katanya pada peresmian Posko Mudik BPJS Kesehatan di Terminal Bus Purabaya, Selasa.

Dia mengatakan bahwa BPJS Kesehatan menyediakan Posko Mudik di lima lokasi dan Posko Arus Balik di satu lokasi pada masa libur Lebaran tahun 2023.

Menurut dia, BPJS Kesehatan menyiapkan Posko Mudik di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Area Rehat Tol Cikampek KM 57, Area Rehat Tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

"Dan Posko Arus Balik terdapat di Rest Area 319 B Pemalang," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa posko mudik dibuka dari 18 sampai 21 April 2023, sedangkan posko arus balik dibuka dari 25 sampai 27 April 2023.

Di Posko Mudik BPJS Kesehatan, pemudik bisa memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan, dan pengobatan.

"Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut," kata Edwin.

"Pemudik juga bisa menikmati takjil gratis yang disediakan di posko," ia menambahkan.

Ia mengatakan bahwa Posko Mudik BPJS Kesehatan menyediakan pelayanan selama 24 jam dan warga bisa memanfaatkannya secara gratis.

Menurut dia, ada tiga tim yang bertugas bergantian setiap delapan jam di Posko Mudik.

"Masing-masing tim terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans," katanya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Noer Amalis Solehah mengatakan bahwa layanan di Posko Mudik BPJS Kesehatan bisa digunakan oleh seluruh warga.

"Bukan hanya peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) saja yang bisa mengakses layanan, namun masyarakat umum juga dapat memanfaatkan fasilitas yang dihadirkan," katanya. 

Baca juga:
BPJS hadirkan pemijat tunanetra di posko kesehatan Pelabuhan Makassar
Bekasi sediakan fasilitas akses internet gratis di posko mudik

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023