Antusiasme pemudik yang tinggi mesti disikapi dengan strategi-strategi yang matang guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan
Pontianak (ANTARA) - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan transportasi gratis mudik Lebaran dengan fasilitas aman dan nyaman bagi penumpang.

"Silahkan manfaatkan fasilitas mudik gratis, saya yakin meskipun gratis tetap aman dan nyaman untuk masyarakat untuk mengurangi macet dan risiko kecelakaan," kata Lasarus ketika dihubungi ANTARA, di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu.

Disampaikan Lasarus, perjalanan jarak jauh menuntut stamina dan konsentrasi tinggi bagi para pengendara.

"Manakala pengemudi ngantuk dan kurang konsentrasi, maka akan sulit terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Risiko akan semakin tinggi bagi pengendara sepeda motor," katanya.

Oleh sebab itu dia meminta agar masyarakat yang ingin mudik Lebaran untuk menggunakan angkutan umum dan dia tidak menyarankan para pemudik menggunakan kendaraan pribadi, terlebih lagi sepeda motor.

Diketahui, pemerintah bekerja sama dengan sejumlah pihak melaksanakan program mudik gratis, seperti Pemprov Kalimantan Barat yang 
telah menyiapkan 10 bus dan untuk setiap tujuan menggunakan dua bus Damri dengan kuota 78 tempat duduk, sehingga tersedia sebanyak 370 tempat duduk.

Adapun rute pelayanan mudik gratis ini meliputi Pontianak-Sambas (225 km), Pontianak-Sanggau (267 km), Pontianak-Putussibau (585 km), Pontianak-Sintang (305 km), dan Pontianak-Nanga Pinoh (359 km).

Baca juga: Menhub: Saya diperintahkan Presiden Jokowi sediakan mudik gratis

"Masyarakat hendaknya merespons program mudik gratis ini, baik yang difasilitasi Kementerian Perhubungan, BUMN, swasta, maupun pemerintah daerah. Selain untuk mengurangi macet, juga lebih dijamin sampai di tujuan dengan selamat," ucap Lasarus.

Selain itu, Lasarus juga meminta pihak terkait untuk menyiapkan skenario terbaik demi mencegah potensi terjadinya kecelakaan, mengingat antusiasme masyarakat untuk mudik pada tahun ini.

"Kepada Kemenhub, TNI, Polri, Jasa Marga, dan semua otoritas yang terlibat dalam urusan mudik untuk betul-betul menyiapkan dengan matang arus mudik Lebaran," pesan Lasarus.

Dia juga mengatakan tahun ini hampir dipastikan jumlah pemudik akan melonjak menyusul adanya cuti bersama dan penghapusan PPKM.

"Antusiasme pemudik yang tinggi mesti disikapi dengan strategi-strategi yang matang guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia.

Baca juga: Pemudik diprediksi melonjak, Presiden minta matangkan persiapan mudik
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023