Dari sisi ketersediaan BBM hari ini dicek langsung oleh Pak Menteri ESDM...
Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengecek ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) pada tempat istirahat (rest area) dan SPBU di jalur mudik Lebaran 2023.

Pengecekan dilakukan di tempat istirahat dan SPBU di Jalan Tol Semarang-Solo Km 429 B dan 456, Kabupaten Semarang, Jateng, Rabu.

Ganjar menyebut hingga hari ini arus mudik dan arus lalu lintas di Jateng berjalan lancar.

“Dari sisi ketersediaan BBM hari ini dicek langsung oleh Pak Menteri ESDM, terima kasih dari Dirut Pertamina datang langsung, kenaikannya 78 persen,” katanya.

Menurut Ganjar, stok BBM yang banyak tersedia saat ini merupakan layanan prima untuk memastikan terwujudnya mudik yang aman, nyaman, dan berkesan.

Di samping itu, dirinya juga memastikan antrean pembelian BBM di tempat istirahat akan terurai, sebab telah ada koordinasi dengan Pertamina untuk menyiapkan SPBU modular.

Beberapa pemudik yang ditemuinya saat mendampingi pengecekan oleh Menteri ESDM di tempat istirahat dan SPBU, mengaku tidak mengalami kemacetan yang signifikan, bahkan beberapa pemudik keluar jalan tol.

“Ada pemudik yang pinter tadi, kalau macet di tol, dia keluar. Terus kemudian masuk lagi, keluar lagi. Artinya perilaku dari mereka juga sudah bisa menyesuaikan,” ujarnya pula.

Ganjar meminta jajarannya bersiaga sampai beberapa hari menjelang Idul Fitri, sebab diprediksi ada fluktuasi kenaikan jumlah kendaraan yang masuk atau melintas ke Jateng.
Baca juga: Ganjar Pranowo lepas ribuan peserta mudik gratis dari Jakarta
Baca juga: Ganjar tinjau keberangkatan pemudik dari Stasiun Pasar Senen


Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023