Mudik gratis ini juga salah satu cara kita untuk menekan angka kecelakaan dan sekaligus meningkatkan keselamatan serta kelancaran transportasi pada momen Lebaran
Tangerang (ANTARA) - Direktur Angkutan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Suharto mengatakan program mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah merupakan salah satu cara untuk menekan angka kecelakaan.

”Mudik gratis ini juga salah satu cara kita untuk menekan angka kecelakaan dan sekaligus meningkatkan keselamatan serta kelancaran transportasi pada momen Lebaran,” kata Suharto di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang, Banten, Rabu.

Tak hanya itu saja, lanjut dia, program mudik gratis pun bagian dari memberikan kebahagiaan kepada masyarakat pulang ke kampung halaman dengan memfasilitasinya.

Baca juga: Kemenhub kembali gelar program mudik motor gratis pada Lebaran 2023

Kemenhub bersama kementerian lembaga lainnya seperti BUMN, TNI, POLRI, dan pemerintah daerah (pemda), bahu-membahu mengadakan program mudik gratis buat masyarakat.

"Ini bagian dari fasilitas yang disediakan pemerintah kepada masyarakat sesuai dengan arahan Bapak Presiden Republik Indonesia," ujar Suharto.

Kepala Terminal Poris Tangerang Alwin Athena menuturkan ada 78 bus yang berangkat pada hari ini membawa 3.048 pemudik gratis program Kemenhub.

Seluruh pemudik, kata dia,  telah terdaftar dalam program mudik gratis yang dibuka Kemenhub sebelumnya dan diberangkatkan pada hari ini.

Baca juga: Ketua Komisi V DPR ajak masyarakat manfaatkan program mudik gratis

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023