Pemudik rata-rata melakukan perjalanan itu di malam hari, karena mereka merasa nyaman, merasa tidak akan terlalu lelah
Jakarta (ANTARA) -
Kepala Pos Pengamanan Sumber Arta, Bekasi, Jawa Barat, Iptu Mian Siregar mengimbau pemudik kendaraan roda dua yang melakukan perjalanan mulai malam hari untuk mempersiapkan kesehatan fisik dan mental mereka.
 
Ia memperkirakan malam Rabu (19/4) akan menjadi puncak arus mudik dari Jakarta ke arah timur menggunakan roda dua, termasuk pemudik yang melewati jalur arteri Sumber Arta, Kalimalang, Bekasi.

Baca juga: Sebanyak 509 pemudik sepeda motor tiba di Semarang dengan kapal perang
 
"Pemudik rata-rata melakukan perjalanan itu di malam hari, karena mereka merasa nyaman, merasa tidak akan terlalu lelah. Namun demikian, kami menghimbau agar pemudik yang melaksanakan perjalanan jauh, untuk selalu menyiapkan diri sendiri, yaitu kesehatan baik jasmani dan rohani," katanya ditemui di Pos Pengamanan Lebaran 2023 Sumber Arta, Bekasi, Rabu.
 
Kelengkapan surat-surat kendaraan maupun kelayakan dari kendaraan yang digunakan juga diminta untuk disiapkan.
 
Ia mengatakan bersiap pemberlakuan jalan satu arah atau one way secara situasional guna mengantisipasi kepadatan dan kemacetan yang berpotensi terjadi di Jalan Kalimalang.
 
One way akan diberlakukan dengan menutup Simpang Kincan dan mengarahkan sepeda motor yang mengarah ke Jakarta untuk berputar arah di U turn terdekat.
 
Pihaknya juga mempersiapkan 13 anggotanya untuk turut dalam pengamanan dan penertiban di wilayah Kalimalang, yang dibantu oleh organisasi kepemudaan setempat.
 
"Kami tidak memberlakukan tindakan tilang, tapi menghimbau dan menegur untuk pemudik agar mereka tidak melakukan kesalahan atau pelanggaran," imbuhnya.
 
Berdasarkan pemantauan pada 16.51 WIB, lalu lintas di depan Pos Pengamanan lebaran 2023, Polres Metro Bekasi Kota Pospem Sumber Arta Kalimalang, terpantau masih lancar.
 
Hingga saat ini rekayasa belum dilakukan karena kondisi lalu lintas di depan Pospem Sumber Arta Kalimalang pada 16.54 WIB masih normal atau tidak terjadi lonjakan yang mengakibatkan kemacetan.
 
"Tetapi kami terus memantau situasinya," imbuh Mian Siregar.
 
Pemudik yang menggunakan sepeda motor dengan tas dan kardus besar terpantau mulai memadati Jalan Kalimalang, demikian pula pemudik dengan mobil.

Baca juga: Demi Lebaran, Ulifatun mudik naik motor dari Tangerang ke Jepara

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023