Rekayasa lalu lintas ini untuk memecah konsentrasi kemacetan akibat pasar tumpah agar perjalanan pemudik lebih nyaman dan lancar
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi melakukan rekayasa lalu lintas di Jalur Pantai Utara Ruas Terminal Kalijaya yang mengarah ke Sentra Grosir Cikarang (SGC) guna mencegah pemudik terjebak macet akibat aktivitas pasar tumpah.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Twedy Aditya Bennyahdi mengatakan rekayasa lalu lintas diberlakukan melalui skema pengalihan kendaraan ke dua jalur tepat di depan Terminal Kalijaya yang mengarah ke pusat perbelanjaan SGC.

"Rekayasa lalu lintas ini untuk memecah konsentrasi kemacetan akibat pasar tumpah agar perjalanan pemudik lebih nyaman dan lancar," katanya saat meninjau titik rekayasa lalu lintas di Cikarang, Rabu.

Ia menjelaskan sejumlah kendaraan yang melintasi titik tersebut akan dialihkan sejak simpang Terminal Kalijaya sepanjang beberapa kilometer sebelum nanti bertemu kembali di Jalur Pantura Kecamatan Kedungwaringin.

"Jadi kami pisahkan dahulu melewati jalur alternatif yang telah disiapkan sebelum nanti bertemu lagi di Jalan Raya Pantura Kedungwaringin. Di sepanjang area itu kami pertebal jumlah personel," katanya.

Twedy menjelaskan volume kendaraan yang melintasi wilayah Kabupaten Bekasi melalui jalur arteri dan tol mengalami lonjakan signifikan, berdasarkan laporan pantauan Kementerian Perhubungan di sepanjang Jalan Raya Pantura dan Inspeksi Saluran Kalimalang.

"Jumlah kendaraan yang terakhir dari evaluasi dan dari penghitungan Kemenhub dari jam 12 siang sampai sore tadi mengalami kenaikan sebesar 31 persen," katanya.
 
Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Twedy Aditya Bennyahdi bersama Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan memantau arus mudik Lebaran 2023 di Posko Mudik Sentra Grosir Cikarang, Rabu. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).


Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan yang juga turut memantau arus mudik mengatakan puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah diprediksi terjadi malam ini.

"Memang sudah ada peningkatan volume arus kendaraan, karena pemudik banyak mengambil waktu di malam hari, setelah buka puasa berangkat. Tapi tadi dengan berbagai cara rekayasa lalu lintas yang dilaksanakan jajaran Polres Metro Bekasi sejauh ini masih lancar," katanya.

Terkait kemacetan di pasar tumpah SGC pada malam hari, Dani juga akan mempertebal personel untuk setidaknya mengimbau para pedagang agar tidak berjualan di badan jalan.

"Bahkan untuk titik sini malam ini kami pertebal jumlah personel satpol PP untuk mengantisipasi pasar tumpah kira-kira seperti itu," kata dia.

Baca juga: Polri berlakukan one way Tol Cikapmpek-Kalikangkung siang ini
Baca juga: Pemudik diimbau selalu perbaharui jadwal rekayasa lalu lintas
Baca juga: Polri lakukan rekayasa lalu lintas agar mudik terkelola dengan baik

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023