Karawang (ANTARA) - Pemudik yang menggunakan sepeda motor memadati jalan arteri Karawang-Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada musim mudik Lebaran, Rabu malam.

"Pemudik bermotor sudah sangat ramai," kata Kasatlantas Polres Karawang AKP La Ode Habibi Ade Jama saat dihubungi di Karawang, Rabu.

Iring-iringan pemudik bermotor terpantau di sepanjang jalan arteri, sejak di titik perbatasan wilayah Karawang-Bekasi hingga ke jalur pantura.

Di sepanjang jalan arteri, pemudik bermotor yang dilengkapi dengan beragam barang bawaan di bagian belakang kendaraan cukup mendominasi.

Berdasarkan pantauan di jalan arteri Karawang-Cikampek, terjadi kepadatan arus lalu lintas akibat banyak pemudik bersepeda motor.

Baca juga: Polres Cianjur lakukan rekayasa arus antisipasi macet di jalur mudik

Arus lalu lintas di antaranya sempat tersendat di setiap titik stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Kondisi itu terjadi akibat banyak pemudik yang memilih beristirahat di area SPBU.

Di area SPBU cukup ramai, karena cukup banyak warung dadakan yang berdiri.

Kepadatan arus lalu lintas di jalan arteri Karawang tidak hanya terjadi di jalur dari arah Jakarta menuju arah Cirebon.

Jalur sebaliknya, dari arah Cirebon menuju Jakarta juga mengalami kepadatan, dampak dari penerapan satu jalur di jalan Tol Cipali hingga Gerbang Tol Kalikangkung.

Di jalan tol, petugas menerapkan satu jalur dari KM 72 Cikopo hingga KM 414 Kalikangkung.

Dengan diberlakukan satu jalur itu, Jasa Marga juga memberlakukan lawan arus dari KM 72 sampai KM 70 sehingga pengguna jalan dari arah Cikampek yang menuju Jakarta dapat kembali masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikampek.

Untuk pengguna jalan yang melalui satu jalur, pihak kepolisian mengimbau masyarakat untuk memastikan kondisi kendaraan dan pengemudi dalam kondisi prima, dilarang berhenti di bahu jalan kecuali dalam kondisi darurat, dilarang untuk pindah jalur, dilarang pindah lajur secara tiba-tiba, selalu mematuhi batas kecepatan, patuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan. 

Baca juga: Korlantas imbau masyarakat berangkat menyesuaikan tanggal ganjil genap
Baca juga: Jalur arteri Tangerang dipadati kedaraan R2 pada puncak mudik Lebaran
Baca juga: H-3, antrean kendaraan di gerbang Tol Kalikangkung sangat padat

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023