Jakarta (ANTARA) -
Lima berita hukum pada Rabu (19/4) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari situasi arus mudik yang mulai meningkat hingga status siaga tempur di Papua.
 
Klik di sini untuk berita selengkapnya
 
1. Penerapan one way KM 72 hingga KM 414 diperpanjang hingga Rabu siang
 
Rekayasa lalu lintas one way dari KM 72 Cikopo hingga KM 414 Kalikangkung yang mulai Selasa (18/4) siang, hingga kini masih diterapkan dan direncanakan diperpanjang sampai Rabu siang ini.
 
Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Lisye Octaviana dalam keterangannya di Purwakarta, Rabu, mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas one way pada hari Selasa (18/04) yang rencananya berakhir pukul 24.00 WIB masih akan terus dilanjutkan atas diskresi kepolisian
 
Selengkapnya di sini

2. KAI: Sebuah mobil penumpang masuk jalur rel di Sumpiuh
 
Sebuah mobil penumpang Fortuner masuk jalur rel kereta api melalui perlintasan sebidang di Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ke arah timur, Rabu sekitar pukul 03.00 WIB, kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto Krisbiyantoro.
 
"Saat ini sedang dilakukan evakuasi terhadap mobil yang tergelincir dan melintang di atas viaduk sebelah utara SPBU Sumpiuh," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu pagi.
 
Selengkapnya di sini
 
3. Jalur arteri Tangerang dipadati kedaraan R2 pada puncak mudik Lebaran
 
Kondisi arus lalu lintas di jalur arteri Tangerang-Serang menuju Merak, Banten, Rabu (19/04) malam H-3 menjelang Lebaran 2023 mulai dipadati oleh pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dan empat.
 
Kepadatan kendaraan tersebut terpantau sejak pukul 20.30 WIB dengan didominasi oleh ratusan pengendara sepeda motor bermuatan barang yang dikemas dalam kardus dan tas dari arah Jakarta menuju Merak.
 
Selengkapnya di sini
 
4. Pengamat: Siaga tempur di Papua sejalan dengan sikap pemerintah
 
Pengamat militer dari Institute For Security & Strategic Studies (ISSES) menilai siaga tempur yang diterapkan oleh TNI di daerah-daerah rawan teror kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua sejalan dengan sikap politik pemerintah.
 
Direktur Eksekutif ISSES Khairul Fahmi saat dihubungi di Jakarta, Rabu, menjelaskan bahwa siaga tempur merupakan upaya TNI memperkuat kesiapsiagaan prajurit, yang tidak bertentangan dengan sikap politik pemerintah untuk Papua.
 
Selengkapnya di sini
 
5. Komnas HAM desak OPM di Papua bebaskan pilot Philip
 
Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI Atnike Nova Sigiro mendesak Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) untuk segera melepaskan pilot Susi Air Kapten Philip Marthen.
 
"Mendesak TPNPB-OPM segera melepaskan Philip Marthen selaku warga negara asing yang tidak ada kaitannya dengan persoalan Papua," ujar Atnike ketika dikonfirmasi ANTARA dari Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023