Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Bandaralmpung, Provinsi Lampung, melakukan pengawalan terhadap ratusan pemudik motor yang turun di Pelabuhan Panjang dari Pelabuhan Ciwandan, Banten hingga perbatasan kota setempat.

"Hari ini kami bertugas melakukan pengawalan pemudik yang baru turun dari Pelabuhan Ciwandan di Pelabuhan Panjang," Kata Kanit Turjawali Polresta Bandarlampung Ipda Tajudin, di Bandarlampung, Kamis.

Dia mengatakan bahwa pada pengawalan yang dilakukan ini guna menjamin keamanan dan kelancaran serta tidak ada gangguan yang dialami para pemudik hingga sampai di tujuan.

"Hari ini ada empat personel yang dengan dua mobil patroli guna mengawal pemudik hingga perbatasan," kata dia.

Dia melanjutkan bahwa nantinya setelah para pemudik motor ini dikawal hingga perbatasan, akan dilakukan estafet pengawalan oleh petugas yang berjaga di posko-posko perbatasan.

"Setelah sampai di perbatasan nantI akan di lanjutkan atau estafet pengawalan oleh personel kepolisian yang ada di posko perbatasan," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa dalam melakukan pengawalan pemudik ini pihak Polresta Bandarlampung tidak bekerja sendiri, namun dibantu oleh KSOP dan Dishub.

"Nanti ada mobil KSOP dan Dishub juga yang ikut mengawal. Semua kami kawal hingga perbatasan, baik hingga perbatasan di jalur Lintas Barat, Lintas Timur dan di Jalan Lintas Sumatra. Kami harap semua pemudik dapat pulang kampung dengan lancar dan selamat," ujarnya.

Diketahui penumpang yang turun di Panjang berkisar 1.118 orang jumlah kendaraan yang diangkut sebanyak 666 dengan menggunakan Kapal Pelni KM Dobonsolo yang bersandar berkisar pukul 04.00 lebih.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023