Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita seputar DKI Jakarta disiarkan pada Rabu (19/4), mulai Pemprov DKI Jakarta meniadakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) saat libur Lebaran 2023 hingga mudik gratis.

Berikut rangkuman seputar DKI Jakarta yang masih menarik untuk dibaca kembali:

1. Hari Bebas Kendaraan ditiadakan saat libur Lebaran 2023

Pemprov DKI Jakarta meniadakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) saat libur Lebaran tahun ini pada Minggu (23/4) dan 30 April 2023.

“Tanggal 23 dan 30 April 2023 pelaksanaan HBKB ditiadakan untuk lokasi di tingkat provinsi, yakni di Jalan MH.Thamrin-Jalan Sudirman," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Rabu.
Selengkapnya di sini

2. Polisi terapkan satu arah penuh dari GT Cikatama-GT Kalikangkung

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan rekayasa lalu lintas arus mudik dengan menutup simpang susun (interchange) Tol Cikopo kemudian menerapkan "one way" penuh di KM 70 Tol Cikampek Utama hingga KM 414 Tol Kalikangkung, Jawa Tengah.

"Rencana akan menutup interchange Cikopo dan melaksanakan one way penuh dari km 70 Gerbang Tol Cikatama (Cikampek Utama) sampai KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi dalam siaran resmi pada Rabu.
Selengkapnya di sini

3. Dishub DKI pastikan seluruh transportasi Lebaran 2023 laik jalan

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memastikan seluruh transportasi Lebaran 2023 meliputi angkutan darat, laut, dan udara dalam kondisi laik jalan atau operasi.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan hasil pengawasan keselamatan yang dilakukan di tujuh terminal yang beroperasi, yaitu Terminal Terpadu Pulo Gebang, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Tanjung Priok, Terminal Lebak Bulus, Terminal Grogol dan Terminal Muara Angke, ditemukan 144 bus yang dinyatakan laik jalan dan 243 bus dinyatakan tidak laik jalan.
Selengkapnya di sini

4. Polisi RW ajak warga hingga ormas jaga permukiman Tambora

Polisi RW ajak pengurus RT, RW hingga organisasi masyarakat (ormas) untuk menjaga rumah kosong karena ditinggal pemudik di kawasan Tambora, Jakarta Barat.

"Kita ajak komunitas warga, RT dan RW untuk bersama menjaga situasi terutama rumah dan ruko kosong yang ditinggal pemiliknya mudik," kata Kapolsek Tambora, Kompolotan Putra Pratama dalam keterangan pers, di Jakarta, Rabu.
Selengkapnya di sini

5. Penyelenggara mudik gratis diingatkan untuk jaga keselamatan pemudik

Polres Metro Jakarta Utara mengingatkan kepada penyelenggara mudik gratis untuk menjaga keselamatan para pemudik.

"Tak hanya itu. Juga, tidak melakukan hal-hal yang merugikan pengemudi maupun pengguna jalan yang lain," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan saat melepas ribuan peserta mudik dengan bus PT Astra Honda Motor (AHM) di Sunter, Jakarta Utara, Rabu.
Selengkapnya di sini

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023