Tahun ini kita targetkan selesai pembangunannya berikut seluruh peralatan dan perlengkapannya, karena pada awal 2013 sudah dapat melayani masyarakat untuk berobat dan rawat inap,"
Painan, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menargetkan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Tapan tuntas tahun ini dan beroperasi Januari 2013.

"Tahun ini kita targetkan selesai pembangunannya berikut seluruh peralatan dan perlengkapannya, karena pada awal 2013 sudah dapat melayani masyarakat untuk berobat dan rawat inap," kata Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit di Painan, Sabtu.

RSUD yang dibangun di bagian selatan kabupaten itu, tepatnya di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan merupakan RSUD ke dua milik pemerintah setelah RSUD M Zein di Painan.

RSUD itu dibangun dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Luas bangunan yang akan diselesaikan pelaksanaannya tahun ini 2.500 meter persegi di areal seluas 4 hektar.

RSUD Pratama yang terletak di Nagari (Desa Adat) Nilau diantara Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan dan Lunang itu berjarak sekitar 180 kilometer dari ibu kabupaten (Painan).

Menurut dia, pembangunan RSUD itu menjadi prioritas dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Sesuai dengan tujuannya RSUD itu disediakan untuk masyarakat tingkat menengah ke bawah.

Untuk mengoptimalkan pelayanan, pemerintah juga menyiapkan RSUD Pratama Tapan dengan dokter umum dan spesialis selain fasilitas lainnya. Pada bangunan seluas 2.500 meter persegi itu juga disediakan tempat tidur rawat inap sebanyak 50 unit dan setiap kamar akan dilengkapi dengan pendingin ruangan.

"Kita berharap dengan kelengkapan fasilitas yang ada dapat melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan baik," ujar dia.

Pembanguan RSUD Pratama Tapan dibiayai APBN 2012 melalui Kementerian Kesehatan senilai Rp15 miliar. 

(KR-AGP/R014)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012