Batam (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), pada H-3 Lebaran atau Rabu (19/4), arus mudik Lebaran 1444 H/2023 mengoperasikan sebanyak 16 unit kapal dengan menyeberangkan 2.175 orang dari Batam.

General Manager ASDP Batam Marsadik mengatakan, dari jumlah tersebut diketahui bahwa pada H-3 Lebaran itu adalah puncak arus mudik di Pelabuhan Roro Telaga Punggur, Kota Batam Kepulauan Riau.

“Puncaknya kemarin, Rabu (19/4). Jumlah penumpang mencapai 2.175 orang dan kapal yang beroperasi sebanyak 16 unit,” kata dia saat dihubungi di Batam Kepulauan Riau, Kamis.

Dia menjelaskan secara umum, terjadi peningkatan jumlah penumpang, jumlah kendaraan roda dua, roda empat, mobil truk logistik sebanyak 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: H-3 Lebaran, puncak arus mudik terjadi Bandara Hang Nadim

Baca juga: Pelni imbau penumpang tidak bawa peralatan masak saat perjalanan mudik


Pada H-3 Lebaran, jumlah roda dua yang menyeberang menggunakan kapal roro sebanyak 527 kendaraan. Sedangkan, untuk jumlah kendaraan roda empat sebanyak 444 kendaraan.

“Untuk mobil truk yang melakukan penyeberangan menggunakan kapal roro ada sebanyak 16 kendaraan,” kata dia.

Sementara itu, untuk penyeberangan pada hari, Kamis (20/4) ini tidak terlalu ramai dibandingkan hari biasanya.

“Hari ini hanya pelayaran ke daerah-daerah terdekat aja, untuk yang ke luar Provinsi hanya sedikit. Untuk data baru bisa direkap besok,” katanya.*

Baca juga: Pada H-4 Lebaran, 700 peserta mudik gratis BUMN tiba di Batam

Baca juga: Ratusan ponsel bekas diselundupkan di Pelabuhan Batam saat arus mudik


Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023