Batam (ANTARA) - PT Bandara Internasional Batam (BIB) Hang Nadim mencatat kenaikan penumpang pada H-3 Lebaran sebesar 18,2 persen, dengan tambahan 10 penerbangan.

“Pergerakan arus penumpang di BIB Hang Nadim pada tanggal 19 April 2023, sebanyak 15.317 orang atau naik sebesar 18,2 persen dari tahun lalu. Itu merupakan arus puncak mudik Lebaran, dengan penambahan penerbangan sebanyak 10 penerbangan," ujar Direktur BIB Hang Nadim, Pikri Ilham Kurniansyah di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (20/4).

Dia menjelaskan Bandara Internasional Hang Nadim terus mengalami peningkatan pergerakan arus penumpang dari tanggal 14 hingga 19 April 2023, dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: ASDP H-3 Lebaran operasikan 16 kapal seberangkan 2.175 orang

"Tahun ini ada 82.120 orang penumpang atau naik 15,9 persen," kata dia.

Peningkatan didominasi masyarakat yang meninggalkan Batam sebanyak 46.840 orang atau naik 8,4 persen, dan yang datang dari luar kota sebanyak 35.280 orang atau naik 27,6 persen.

Mengingat adanya lonjakan jumlah penumpang, pihaknya pada periode angkutan Lebaran tahun ini telah mempersiapkan penerbangan tambahan dengan jumlah penerbangan ekstra sebanyak 64 penerbangan yang disiapkan untuk periode tanggal 15 sampai 21 April 2023.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman agar melakukan check-in secara online untuk menghindari antrean yang cukup panjang," katanya.

Menurutnya, Batam merupakan salah satu kota industri terbesar di Provinsi Kepulauan Riau dengan jumlah pendatang lebih dari 1,2 juta jiwa, sehingga sudah dapat dipastikan minat pemudik pada tahun ini akan meningkat secara signifikan.

Baca juga: H-3 Lebaran, puncak arus mudik terjadi Bandara Hang Nadim

Baca juga: Penerbangan di Bandara Batam ditambah saat arus mudik Lebaran


"Dimana hal ini juga dipengaruhi dengan keputusan resmi Pemerintah terkait dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang tercantum pada Inmendagri Nomor 53 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 pada Masa Transisi Menuju Endemi," kata dia.

Hal ini juga menjadi salah satu hal utama yang menjadi perhatian Bandara Internasional Hang Nadim untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"PT Bandara Internasional Batam mengaktifkan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 1444H/2023M, sehingga pergerakan data dan layanan dapat terpantau secara cepat dan tepat," ucapnya.

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023