"Kegiatan ini mulanya dibentuk pada Ramadhan tahun kemarin. Karena rawan adanya tindakan kejahatan seperti pencurian dan lainnya,"
Medan (ANTARA) - Warga Lingkungan IV dan V, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia melakukan ronda malam dengan membentuk Pos Keamanan Keliling (Pos Kamling) 45 untuk mengantisipasi tindakan kejahatan pada saat Lebaran 2023.

"Kegiatan ini mulanya dibentuk pada Ramadhan tahun kemarin. Karena rawan adanya tindakan kejahatan seperti pencurian dan lainnya," ucap Kepala Lingkungan IV, Kelurahan Sari Rejo Zulkarnain Siahaan, di Medan, Kamis.

Atas dasar itu, kata Zulkarnain warga Lingkungan IV dan V bersepakat untuk membuat Pos Kamling. Kegiatan sosial ini pun terus dilakukan oleh warga sampai saat ini.

"Apalagi ini merupakan momentum Lebaran, tentu banyak warga yang akan mudik. Ditambah setelah dicabutnya PPKM (Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) di Indonesia," ucapnya.

Banyaknya warga yang akan mudik, Zulkarnain katakan pihaknya sudah membentuk tim supaya lingkungan IV dan V Kelurahan Sari Rejo, agar terciptanya rasa aman dan nyaman dalam rangka merayakan Lebaran ini.

"Pada ronda malam ini, kami sudah membentuk jadwal piket. Jadi, secara terus menerus lingkungan ini terjaga dan merasakan aman dan nyaman baik yang akan melakukan mudik maupun tidak," ujarnya.

Dia menambahkan, kegiatan ronda malam ini juga tak lepas dari visi dan misi Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang salah satunya untuk memberikan rasa aman dam nyaman di Kota Medan seperti lingkungan IV dan V ini.

"Harapan kami, kegiatan ini akan berdampak positif dan menginspirasi pada lingkungan lainnya di Kota Medan. Serta tujuan utamanya mempersempit ruang gerak tindakan kriminal baik pencurian, begal dan lainnya," ucapnya.

Salah satu warga, Susanto mengaku senang dan bangga adanya kegiatan yang dilakukan oleh warga dalam membentuk Pos Kamling ini. Apalagi, dirinya akan melakukan mudik pada saat Lebaran ini.

"Ya tentu kegiatan ini sangat bagus, dan pasti kami merasa tenang saat mudik nanti. Semoga kegiatan ini bisa berlanjut kedepannya agar lingkungan ini bisa tercipta rasa nyaman dan aman secara terus menerus," tambahnya.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023