Koordinasi sudah sangat baik.
Medan (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Medan mengapresiasi eratnya koordinasi antarpihak sehingga bisa melewati masa arus mudik di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, yang berakhir 20 April 2023, dengan baik.

"Koordinasi sudah sangat baik," ujar Kepala Cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana kepada ANTARA di Medan, Kamis.

Biwa melanjutkan, semua instansi yang terlibat pada arus mudik di Pelabuhan Belawan seperti otoritas pelabuhan, kesyahbandaran utama, Pelni, TNI dan Polri dapat melakukan tugas masing-masing dengan apik.

Mereka pun mampu bekerja secara terpadu untuk melayani penumpang yang tiba dan berangkat dari Pelabuhan Belawan.

Baca juga: Pelni Medan: Puncak kedatangan tandai akhir masa mudik di Belawan

Sala satu bentuk kerja sama itu, pihak-pihak yang terlibat membuat posko terpadu di Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan, yang menangani beragam persoalan penumpang.

Hasilnya, hampir tidak ditemukan persoalan berarti dari para penumpang selama masa mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Belawan.

"Kalau kendala belum ada. Jadi saat ini kami fokus untuk menyiapkan arus balik," kata Biwa.

Berakhirnya arus mudik di Pelabuhan Belawan, Medan, Kamis (20/4), ditandai dengan puncak kedatangan penumpang dengan total 3.544 orang. Mereka datang dari Batam menggunakan KM Kelud.

PT Pelni Medan mengoperasikan dua kapal saat masa angkutan laut Lebaran 2023, 7 April-8 Mei 2023, yakni KM Kelud dan KM Dorolonda.

Baca juga: PT Pelni Tarakan sebut kenaikan penumpang mudik mencapai 20 persen

Pada masa mudik April 2023, KM Kelud akan berlayar dari Pelabuhan Belawan tanggal 8 (tujuan Batam-Kijang-Tanjung Priok-Batam-Tanjung Balai Karimun), 14 (Batam), 16 (Batam) dan 18 (Batam).

Periode arus balik akan dimulai pada 24 April 2023 di mana KM Kelud dari Belawan akan beranjak ke Tanjung Balai Karimun, Batam dan Tanjung Priok, berikutnya ke Batam pada 30 April 2023.

Pada Mei 2023, KM Kelud berangkat dari Pelabuhan Belawan pada tanggal 3 (tujuan Batam), 5 (Batam), 7 (Tanjung Balai Karimun, Batam, Tanjung Priok), 14 (Batam), 16 (Tanjung Balai Karimun, Batam, Jakarta) dan 23 (Batam, Kijang, Tanjung Priok).

Untuk membantu operasional KM Kelud, PT Pelni Medan menyiapkan KM Dorolonda yang berangkat pada 19 April 2023 dengan tujuan Belawan-Batam-Kijang hingga Tanjung Priok.

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023