Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin akan mudik Lebaran 2023 ke kampung halamannya, Tanara, Banten, usai melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal Jakarta, Sabtu (22/4).

"Jadi, Wapres akan salat Id di Masjid Istiqlal. Setelah dari Istiqlal, Wapres kembali ke rumah dinas sampai siang, selanjutnya Wapres akan ke Tanara selama 2 hari," kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Pemerintah melalui Kementerian Agama sudah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah pada hari Sabtu (22/4). Penetapan Idulfitri 1444 Hijriah ini berdasarkan keputusan sidang isbat di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Kamis.

"Setelah itu, Wapres akan ke Cimanggis, ke rumah Ibu Wury, Ibu Wapres sampai 25 April, lalu 25 April sore kembali ke rumah dinas lagi dan pada tanggal 26 April sudah aktif (bekerja) seperti biasa," tambah Masduki.

Meski tidak melakukan gelar griya (open house), Masduki menyebut Wapres Ma'ruf Amin tetap menerima pejabat negara atau masyarakat yang bersilaturahmi pada Idulfitri.

"Pasti diterimalah oleh Wapres, apakah akan datang di rumah dinas sebelum berangkat ke Tanara atau datang ke Tanara atau Cimanggis pasti akan diterima. Wapres itu kiai, selama di Tanara pasti menerima banyak tamu dari warga dan ulama setempat (untuk) bersilaturahmi," jelas Masduki.

Saat melakukan kegiatan selama perayaan Idulfitri 1444 Hijriah, perangkat yang melekat pada Wapres Ma'ruf Amin juga terbatas.

"Sama seperti Pak Jokowi, sama saja, hanya Paspamres saja yang melekat pada Wapres, ya, terbatas, intinya sama," tambah Masduki.

Baca juga: Jokowi persilakan staf Istana mudik dan berlebaran bersama keluarga
Baca juga: Wapres berharap mudik tingkatkan perekonomian daerah


Diketahui bahwa Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi akan merayakan Idulfitri 1444 Hijriah di Kota Surakarta, Jawa Tengah, bersama istri, anak, menantu, dan para cucu. Saat ini Presiden Jokowi sudah berada di Kota Surakarta.

Deputi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan bahwa Presiden Jokowi mempersilakan staf Istana Kepresidenan RI untuk mudik dan berlebaran bersama keluarga masing-masing.

Presiden Jokowi juga tidak didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung selama di Surakarta. Kedua menteri tersebut biasanya mendampingi presiden saat sedang berada di luar kota.

Meski sedang menjalani cuti bersama dengan keluarga di Surakarta, Jokowi juga tetap akan memantau dan menerima laporan dari para menteri terkait dengan pelayanan mudik.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023