Jakarta (ANTARA/JACX) – Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) diklaim telah mencoret kepesertaan Israel dalam Piala Dunia U-20 berkat Anies Baswedan, demikian isi unggahan di YouTube pada 10 April 2023.

Selain membujuk FIFA untuk mencoret Israel, Anies juga disebut dapat mengembalikan posisi Indonesia sebagai tuan rumah ajang sepak bola internasional itu.

Bahkan, Jakarta International Stadium digadang-gadang menjadi lokasi penyelenggaraannya.

Gambar sampul unggahan YouTube berdurasi delapan menit itu bahkan menunjukkan foto Presiden FIFA Gianni Infantino, serta Anies Baswedan bersalaman.

Berikut narasi dalam unggahan yang telah dilihat lebih dari 30 ribu kali itu:
“Berkat Anies FIFA coret Israel dan resmikan Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023”

Namun, benarkah FIFA mencoret Israel dalam Piala Dunia U-20 karena bujukan Anies Baswedan?

Unggahan hoaks yang mengklaim Anies Baswedan berhasil membujuk FIFA agar Israel dicoret dari Piala Dunia U-20 2023, dan Indonesia kembali ditetapkan sebagai tuan rumah. Faktanya, unggahan video tidak memberikan penjelasan klaim dari FIFA terkait Israel dan Indonesia dalam Piala Dunia U-20. (YouTube)
Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, gambar sampul dalam unggahan video tersebut merupakan hasil rekayasa.

Foto sebenarnya dari gambar sampul itu menampilkan Presiden FIFA Gianni Infantino (tengah), dan Presiden AFC Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa (kedua kiri), serta pimpinan Federasi Sepak Bola Vietnam di Paris sebagaimana terdapat pada laman media Vietnam.

Unggahan video itu juga tidak menyebut fakta bahwa FIFA mencoret kepesertaaan Israel dalam Piala Dunia U-20, apalagi menyebut posisi Indonesia kembali sebagai tuan rumah berkat Anies Baswedan.

Narasi dalam video itu bersumber dari laporan Republika berjudul "Dukungan dan Doa untuk Anies Mengalir dari Berbagai Kota Sesuai Akhiri Jabatan".

Salah satu potongan video dalam unggahan YouTube itu menampilkan Anies Baswedan berpidato sebagaimana terdapat pada akun YouTube Anies yang berjudul “Sambutan Gubernur Anies Baswedan di Malam Stadion Kita”.

Video mantan Gubernur DKI Jakarta itu merupakan acara peluncuran awal Jakarta International Stadium pada 2022.

Klaim: Anies sukses bujuk FIFA coret Israel
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Video Presiden FIFA pastikan Indonesia ikut Piala Dunia U-20

Cek fakta: Hoaks! FIFA coret Israel dari Piala Dunia U-20, Indonesia jadi penggantinya

Baca juga: FIFA tunjuk Argentina tuan rumah Piala Dunia U-20 gantikan Indonesia

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023