Selain berwisata, pengunjung bisa berbelanja produk UMKM lokal yang kualitasnya tidak akan mengecewakan
Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur mengajak para wisatawan untuk menikmati liburan Lebaran 2023 dengan mengunjungi destinasi wisata edukasi Gua Batu Cermin Labuan Bajo.

"Liburan lebaran kali ini bisa dimanfaatkan untuk berkunjung ke Gua Batu Cermin yang menjadi salah satu obyek wisata menarik dalam kota Labuan Bajo," kata Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat Pius Baut di Labuan Bajo, Jumat.

Baca juga: Sebanyak 1.156 kamar hotel di Labuan Bajo disiapkan buat ASEAN Summit

Gua Batu Cermin terletak di Desa Batu Cermin, Manggarai Barat. Gua ini dikenal dengan nama Gua Watu Sermeng yang dalam bahasa Manggarai berasal dari dua kata yakni watu yang berarti batu, dan sermeng yang berarti cermin.

Pius menjelaskan destinasi itu disebut batu cermin karena adanya sinar matahari yang masuk ke dalam sela-sela gua lalu memantul ke batu lain layaknya cermin. Pantulan dari sinar matahari pada batu-batu itu yang menyinari seluruh ruangan yang ada dalam gua.

Gua Batu Cermin dikenal sebagai destinasi wisata edukasi, karena narasi sejarah yang telah terbangun turun temurun. Semua informasi tersebut dapat diperoleh oleh pengunjung saat berkunjung ke Gua Batu Cermin.

Pius pun mengajak wisatawan yang datang berlibur ke Labuan Bajo untuk mampir ke tempat tersebut. Tidak hanya mendapatkan informasi sejarah, pengunjung dapat melihat oleh-oleh khas Labuan Bajo yang dipamerkan pada toko Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bidadari Manggarai Barat.

"Selain berwisata, pengunjung bisa berbelanja produk UMKM lokal yang kualitasnya tidak akan mengecewakan," ajak Pius.

Data Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat mencatat sebanyak 1.690 pengunjung telah mendatangi tempat tersebut dalam kurun waktu 10 hari, terhitung tanggal 11-20 April 2023.

Dia pun meyakini liburan Lebaran 2023 ini dapat semakin meningkatkan jumlah kunjungan ke tempat tersebut.

Jeje Liu, seorang wisatawan dari Singapura yang berkunjung ke Gua Batu Cermin memuji Labuan Bajo sebagai daerah yang indah dan terkenal, baik keindahan laut dan Gua Batu Cermin.

"I am very surprised Gua Cermin karena saya tidak pernah mendengarnya," katanya sumringah.

Setelah mengunjungi tempat itu bersama keluarga, Jeje berpesan agar Labuan Bajo bisa menjadi daerah yang bebas dari sampah, khususnya sampah di laut.

Dengan demikian, Labuan Bajo dapat menjadi tempat yang akan dikunjungi lagi nantinya.

Baca juga: Dua maskapai penerbangan tambah pesawat ke Bandara Komodo

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023