Personel yang terlibat pengamanan di pospam dan posyan yakni personel gabungan TNI-Polri dan pam swakarsa lainnya.
Jakarta (ANTARA) - Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menghadirkan pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan) di sejumlah titik untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun ini yang aman dan berkesan.
 
"Untuk personel yang terlibat pengamanan di pospam dan posyan yakni personel gabungan TNI-Polri dan pam swakarsa lainnya," ujar Kabagops Polresta Bandara Soetta Kompol Alvin Pratama, di Tangerang, Banten, Jumat.
 
Alvin juga menjelaskan, untuk pelayanan arus mudik di Bandara Soetta, polresta setempat telah mendirikan beberapa pos pengamanan, pos pelayanan, dan posko command center di antaranya berlokasi di Terminal 1, yakni pos terpadu yang berada di Terminal 1B, dan posyan di Terminal 1A Kedatangan.
 
Kemudian untuk Terminal 2 Pospam berlokasi di Terminal 2E keberangkatan dan posyan di Terminal 2E Keberangkatan Lounge Informasi.
 
Sedangkan di Terminal 3, pospam berlokasi di Terminal 3 Kedatangan Domestik, dan posyan di Terminal 3 Keberangkatan Domestik Lounge Informasi Gate 3.
 
"Selanjutnya Pos Pelayanan Satuan Lantas untuk pengamanan arus lalu lintas Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan kendaraan derek dan towing bagi kendaraan yang mengalami masalah," katanya pula.
 
Pelaksanaan pengamanan arus mudik Idul Fitri 1444 H tahun 2023 dimulai pada 18 April 2023 sampai dengan 1 Mei 2023.
 
Alvin juga mengimbau kepada pemudik Lebaran yang menggunakan moda transportasi udara di Bandara Soetta untuk selalu menjaga barang bawaannya dan melengkapi administrasi penerbangan.
 
Selain itu para pengantar di Bandara Soetta juga diimbau agar tidak memarkirkan kendaraannya di drop zone, supaya lalu lintas kendaraan berjalan lancar dan kondusif.
 
Sebelumnya, Kalemdiklat Polri Komjen Pol Purwadi Arianto bersama Tim Was Ops Mabes Polri melakukan monitoring kunjungan dalam rangka pelaksanaan pengawasan kegiatan Operasi Kepolisian Ketupat Jaya 2023 di wilayah hukum Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta.
 
Rombongan Tim Was Ops Mabes Polri didampingi oleh Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Pol Roberto GM Pasaribu.
 
Dalam monitoring tersebut dilaksanakan paparan situasi wilayah Bandara Soekarno-Hatta serta kegiatan yang dilakukan Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta, dan pengecekan pelaporan berbasis SOT Presisi dan Website Mabes Polri dalam mendukung kegiatan Operasi Kepolisian Ketupat Jaya 2023.
 
Kalemdiklat Polri Komjen Pol Purwadi Arianto kemudian memberikan sejumlah arahan kepada Kapolresta Bandara Soetta dan jajaran, salah satunya mengenai kesiapan personel yang terlibat dalam operasi kepolisian.
 
"Bapak Kalemdiklat Polri selaku Ketua Pengawasan Operasi Kepolisian Ketupat 2023 sudah menilai baik semua persiapan dan koordinasi stakeholder di Bandara Soetta, termasuk dukungan fasilitas pendukung yang dapat berjalan dengan baik," ujar Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Pol Roberto GM Pasaribu.
 
Kapolresta Bandara Soetta tersebut menambahkan, hal ini sejalan dengan perintah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto agar polisi mengedepankan sinergi dengan semua pihak, baik TNI dan seluruh petugas lembaga serta masyarakat untuk mewujudkan polisi siap tampil dalam melayani masyarakat.
Baca juga: AP II perketat pengamanan Bandara Soetta jelang Lebaran
Baca juga: Polresta Soetta siagakan 286 personel dalam pengamanan KTT G20

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023