mengantisipasi adanya aksi kriminal jalanan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat memusatkan pengamanan malam takbiran Idul Fitri 1444 Hijriah di Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat.

"Salah satu pusat keramaian ya di sini, di Kota Tua dan ada di beberapa tempat keramaian lain," kata Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto di Kota Tua, Jumat.

Uus berpesan kepada petugas keamanan  di Kota Tua untuk mengantisipasi adanya aksi kriminal jalanan seperti jambret maupun copet.

Tidak hanya di Kota Tua saja, Uus juga menggandeng jajaran Polres Metro Jakarta Barat, Kodim 0503 dan ragam kelompok organisasi masyarakat (ormas) untuk melakukan pengamanan malam takbiran di seluruh wilayah Jakarta Barat.

"Tercatat ada 676 baik anggota TNI dan Polri termasuk jajaran pemkot termasuk ormas," jelas dia.

Mereka akan berkeliling di seluruh wilayah Kota Jakarta Barat, termasuk di kawasan permukiman padat penduduk.

Sambil berkeliling, mereka mengimbau agar tidak menggelar malam takbiran berkeliling demi menghindari aksi kriminal tawuran dan pengeroyokan.

"Saya imbau seluruh warga Jakbar agar melaksanakan kegiatan takbiran di tempat yang semestinya yakni masjid dan mushalla sehingga  hikmah dari takbiran benar-benar bisa dirasakan," jelas dia.

Hal senada juga dikatakan Kapolres Metro Jakarta, Kombes Pol Muhammad Syahduddi yang menyatakan telah mengerahkan polisi RW di setiap wilayah untuk memberikan imbauan agar masyarakat tidak melakukan takbir keliling.

"Termasuk patroli keliling juga akan kita lakukan guna mengedukasi masyarakat agar tidak melakukan aksi berbahaya dalam melakukan takbir keliling," jelas dia.
Baca juga: Jamaah Muhammadiyah di Slipi tidak gelar takbir keliling
Baca juga: Polres Jakpus berlakukan rekayasa lalu lintas saat malam takbiran
Baca juga: Warga Jakarta Timur diimbau tidak takbir keliling

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023