Batam (ANTARA) - Sebanyak 135 mobil hias menyemarakkan pawai takbir keliling Idul Fitri 1444 Hijriah tingkat Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat malam.

Ketua Panitia Kegiatan Pelaksanaan Idul Fitri tingkat Kota Batam Salim di Batam, Jumat, mengatakan mobil hias yang mengikuti pawai takbir keliling tersebut berasal dari kecamatan, kelurahan, organisasi perangkat daerah (OPD), dan organisasi Islam di daerah setempat.

Pawai takbir keliling tersebut dilepas langsung oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

Baca juga: Pemkot Batam gelar pawai takbir sambut Idul Fitri 1444 H

"Rute pawai takbir keliling dimulai dari Dataran Engku Hamidah kemudian menuju Simpang Gelael, Pollux, Kepri Mall, dan berakhir di Bundaran Tembesi. Para peserta yang ambil bagian dalam kegiatan tersebut antara lain dari jajaran FKPD, OPD, camat, lurah, dan instansi vertikal yang ada di Kota Batam," ujar Salim.

Ia mengatakan pelaksanaan pawai takbir keliling ini juga dilombakan dengan total hadiah Rp36 juta.

"Pawai ini juga dilombakan. Juara 1 mendapatkan Rp12 juta, juara 2 Rp10 juta, juara 3 Rp8 juta, dan juara 4 Rp6 juta," kata Salim.

Baca juga: Polisi turunkan ratusan personel saat malam takbiran di Batam

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengapresiasi masyarakat yang ikut serta dalam pawai takbir keliling.

Menurut Rudi, dengan kehadiran masyarakat dalam kegiatan tersebut menjadi bukti atas kebangkitan ekonomi di Kota Batam.

"Kami sangat gembira dan bangga kepada masyarakat Kota Batam yang malam ini ramai hadir di Dataran Engku Hamidah dalam rangka takbiran ini. Kalau sudah ramai berarti masyarakat sudah mulai membangun ekonomi kita semua," kata dia.

Baca juga: Pemkot Batam pusatkan shalat id di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

"Atas nama Pemerintah Kota Batam, saya menyampaikan maaf lahir batin. Semoga kita dapat membangun Batam lebih cepat," kata Rudi.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023