Jakarta (ANTARA) - Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Utara memonitor kesiapan pelayanan dan pengamanan malam takbiran dan Lebaran 2023 ke sejumlah lokasi yang menjadi titik pantau di antaranya Pos Pelayanan Lebaran 2023, Taman Impian Jaya Ancol dan Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Jumat malam.

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim bersama Wakil Wali Kota Jakarta Utara Juaini, Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, Dandim 0502/JU Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang, dan pejabat terkait lainnya turun langsung untuk memastikan bahwa situasi menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Jakarta Utara terpantau kondusif.

Pos Pelayanan Lebaran 2023 Taman Impian Jaya Ancol Kel Ancol Kec Pademangan itu dipimpin Kapolsek Pademangan Kompol Binsar Hatorangan Sianturi SH SIK MSI didampingi Wakapolsek Pademangan AKP Sialagan.

Baca juga: Warga Jakarta Utara diimbau pakai transportasi umum saat mudik

Baca juga: Kapolrestro Jakut ingatkan sopir jaga keselamatan penumpang mudik

 
Kapolsek Pademangan Kompol Binsar Hatorangan Sianturi SH SIK MSI melaksanakan apel pasukan pengamanan malam takbiran dan Lebaran 2023 di Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (21/4/2023). ANTARA/HO-Humas Polsek Pademangan


Kapolsek Pademangan menyatakan puluhan petugas siap terlibat dalam melakukan pengamanan malam takbiran tersebut selanjutnya menempati lokasi sesuai plotingan masing-masing.

Dengan kerja sama melibatkan semua pemangku kepentingan dalam mengantisipasi malam takbiran ini diharapkan dapat menekan kejadian yang tidak diinginkan sampai pagi hari, dan Lebaran 2023 terus berjalan aman dan kondusif di wilayah Jakarta Utara.

Pada momentum malam takbiran tersebut, Forkopimko Jakarta Utara juga melancarkan kegiatan sosial kemanusiaan. Salah satunya dengan memberikan bantuan paket sembako dan santunan kepada warga korban kebakaran Plumpang pada 3 Maret 2023 silam di Masjid At Taubah RW 01 Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan juga memberikan paket sembako kepada warga setempat didampingi Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo dan Dandim 0502 JU Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang.

Hasan mengatakan, dirinya yang termasuk baru menjabat sebagai Pangdam Jaya menyempatkan berkeliling Ibu Kota memantau situasi menjelang Idul Fitri esok hari.

Salah satu tujuan utamanya ialah ke permukiman terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

"Ya malam ini saya keliling Jakarta, putar-putar dan ya pertama saya mau lihat ke sini, kepingin melihat situasi di Plumpang ini pascakebakaran," kata Hasan di lokasi.

Selain memantau kondisi para warga yang terdampak kebakaran, Pangdam Jaya juga memberikan paket sembako kepada mereka.

Sebanyak 200 paket berisi kebutuhan pokok dibagikan kepada masyarakat terdampak kebakaran dari dua RW, yakni RW 01 dan RW 09 Rawa Badak Selatan.

"Ini silaturahmi lah, saya kan baru sebulan di Jakarta, niatnya saya silaturahmi ke beberapa tempat," ucap Hasan.

"Dan pas malam takbiran saya datang ke sini untuk silaturahmi sekalian ngasih sedikit (bantuan) kepada para warga di sini," katanya.

Ratusan paket sembako itu diterima warga dengan penuh sukacita, di tengah duka yang masih sedikit banyak dirasakan pascakebakaran bulan lalu.

Pangdam Jaya pun berharap bantuan yang diberikan bisa membawa secercah kegembiraan bagi para warga yang akan merayakan hari kemenangan esok hari.

Baca juga: Sebagian umat Islam di Jakut Shalat Id pada Jumat pagi

Baca juga: Cinta nirbatas Ibu Guru Kembar kepada anak-anak marjinal

Baca juga: Polisi gerebek rumah penjual tabung gas curang di Jakarta Utara

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023