Bandarlampung (ANTARA) - Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana memastikan situasi malam takbir atau 1 Syawal 1444 Hijriah di kota setempat aman dan lancar tanpa ada gangguan berarti.

"Setelah melakukan pemantauan malam takbir bersama Forkopimda dan juga melihat ke sejumlah posko pengamanan malam takbir di kota ini berjalan aman dan lancar," katanya di Bandarlampung, Jumat malam.

Wali Kota Bandarlampung itu pun mengimbau masyarakat tetap menjaga kondusivitas kota setempat dalam merayakan malam Hari Raya Idul Fitri, sehingga tidak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Menurutnya pula malam takbir merupakan hari kemenangan bagi umat Islam sehingga bagi segenap warga Bandarlampung harus bisa sama-sama menjaga situasi dan kondisi yang sudah baik ini.

"Merayakan tak apa-apa namun jangan sampai ganggu kamtibmas di kota ini," ujarnya.

Kemudian, Eva pun berpesan kepada warganya yang mudik meninggalkan rumah untuk menitipkannya ke ketua RT atau pamong setempat demi keamanan dan kenyamanan.

"Kalau lapor kan rumah warga bisa terpantau oleh Satgas kelurahan sehingga terhindar dari potensi tindakan kriminal," kata dia.

Pada sisi lain, ia juga meminta kepada masyarakat yang melakukan mudik ke kabupaten dan kota di Lampung untuk tidak ragu memanfaatkan posko-posko yang sudah dibentuk.

"Meski hanya untuk istirahat, pemudik bisa singgah di posko-posko yang tersedia sebelum mereka melanjutkan perjalanan," kata dia.

Ia pun mengatakan bahwa di posko-posko yang tersedia tersebut juga telah ada tim kesehatan guna melayani pemudik yang kurang sehat dalam perjalanan.

"Di posko kita sediakan juga tenaga kesehatan, untuk melayani pemudik. Bisa juga untuk cek kesehatan," kata dia.

Pemantauan dilakukan oleh Wali Kota Bandarlampung bersama Forkopimda terhadap kegiatan masyarakat di sejumlah ruas jalan protokol dan juga operasional 7 Posko pengamanan lebaran di kota setempat.

Sementara itu pantauan wartawan Antara, di Pusat Pemerintahan Kota Bandarlampung, Jumat malam, sejumlah warga Bandarlampung melakukan takbir keliling dengan mobil pickup dan juga colt diesel.

Menjelang pukul 21.00 sejumlah mobil pickup dan colt diesel yang bermuatan sepuluhan hingga belasan orang bergantian hilir mudik melewati jalan Doktor Susilo dan Diponegoro sambil melantunkan Takbir.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023