Sampai saat ini kondisi arus mudik Lebaran di Kalteng aman, bahkan pemudik yang menggunakan kapal laut di Kabupaten Kotawaringin Timur juga berjalan lancar
Palangka Raya (ANTARA) - Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto mengatakan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah pada H-1 sampai saat ini aman dan tidak ada kendala yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Sampai saat ini kondisi arus mudik Lebaran di Kalteng aman, bahkan pemudik yang menggunakan kapal laut di Kabupaten Kotawaringin Timur juga berjalan lancar dan tidak ada hambatan," katanya usai melaksanakan pemantauan pos pengamanan lebaran di sejumlah titik di Kota Palangka Raya, Jumat.

Dia menuturkan pada hari ini di Kabupaten Kotawaringin Timur ada dua kapal laut yang berangkat menuju Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah yang mengangkut ratusan pemudik dari Kalteng.

Sebelumnya, Kapolda Kalteng juga menegaskan bahwa bagi pemudik yang meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong agar menitipkan kepada tetangganya. Atau paling tidak melaporkan kepada kantor kepolisian terdekat baik itu Polsek, Polres, Kodim dan Koramil setempat, agar anggota yang bertugas dalam pengamanan Lebaran bisa melaksanakan patroli di kawasan tersebut.

"Semoga saja keadaan yang sudah terpelihara dengan baik selama arus mudik hingga nanti arus balik aman serta berjalan dengan lancar, bahkan tidak ada gangguan apapun," ucapnya.

Jenderal Polri berpangkat bintang dua itu menegaskan untuk kegiatan Shalat Idul Fitri di sejumlah tempat yang akan digunakan oleh Umat Muslim juga sudah disterilkan sehingga kegiatan shalat tersebut benar-benar khusuk.

Bahkan nantinya dilanjutkan kegiatan silaturahmi ke rumah-rumah sanak keluarga dan tetangga berjalan dengan lancar. Tim gabungan akan terus dilibatkan dalam patroli ke sejumlah tempat yang dianggap rawan guna mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan serta hal lainnya.

"Insya Allah sejumlah tempat ibadah baik di lapangan maupun di masjid untuk shalat Idul Fitri sudah steril, sehingga besok sudah bisa dilaksanakan dengan baik untuk umat Islam ," bebernya.

Sebelum mengakhiri pertanyaan awak media, Nanang menambahkan berdasarkan pantauan pihaknya bersama Forkopimda Kalteng di sejumlah titik di Kota Palangka Raya berjalan dengan baik.

Bahkan aktivitas takbiran secara keliling yang sudah disediakan tempat-tempatnya, pada malam ini tidak jadi dilaksanakan dan entah kenapa pihaknya tidak mengetahuinya.

"Meskipun takbiran keliling tidak jadi dilaksanakan, masyarakat tetap melaksanakan takbiran di setiap masjid dan mushola yang ada di Kota Palangka Raya," demikian Nanang.

Baca juga: KSOP: Pelabuhan Kumai Kalteng capai puncak mudik pada H-3 Lebaran
Baca juga: Polda Kalteng prioritaskan keamanan pemudik dan asetnya

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023