Jakarta (ANTARA News) - Produsen ponsel, Nokia Corporation, akan meluncurkan produk tablet pertamanya yang diperkirakan pada Februari 2013.

Tablet pertama Nokia, seperti disebut The Verge, akan menggunakan sistem operasi Windows RT yang dilengkapi konektivitas high-definition multimedia interface (HDMI) dan universal serial bus (USB).

Tablet Nokia itu akan menyerupai tablet Microsoft Surface dengan ukuran layar 10,1 inci dan prosesor ARM yang disertai jaringan seluler.

Fokus utama Nokia tentang tablet pertamanya yaitu pada sampul penutup yang disertai baterai, panel ketik, serta dudukan perangkat.

Baterai pada sampul tersebut dapat digunakan sebagai pasokan listrik tambahan ketika tablet mulai kehabisan energi.

Perusahaan asal Finlandia itu juga dikabarkan berencana memproduksi beberapa jenis tablet termasuk dengan sistem operasi Windows 8.

Sebelumnya,  sejumlah pihak menyebut Nokia akan meluncurkan tablet Windows 8 berukuran 10 inci dengan prosesor dual-core Snapdragon S4 pada kuartal keempat 2012.

Pada akhir 2011, CEO Nokia, Stephen Elop mengatakan, "Nokia sedang mempertimbangkan pasar tablet untuk bersaing dengan iPad."

(I026)

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2012